Ketua Dewan Hadiri Prosesi Jamasan Pusaka Tombak Kanjeng Kiai Upas

0
109
Marsono (pakaian batik berkopiah) saat prosesi jamasan pusaka Tombak Kiai Upas, Jumat (12/8).
Marsono (pakaian batik berkopiah) saat prosesi jamasan pusaka Tombak Kiai Upas, Jumat (12/8).

DPRD TULUNGAGUNG – Ketua DPRD Tulungagung, Marsono SSos, menghadiri prosesi jamasan pusaka Tombak Kanjeng Kiai Upas yang berlangsung di Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tulungagung, Jumat (12/8).

Hadir pula dalam acara tersebut, Bupati Tulungagung, Drs Maryoto Birowo MM dan Wakil Bupati Tulungagung, Gatut Sunu Wibowo SE. Selain anggota Forkopimda Tulungagung lainnya.

Usai acara jamasan, Marsono mengungkapkan DPRD Tulungagung mendorong Pemkab Tulungagung melakukan pembelian Dalem Kanjengan untuk menyakralkan kembali pusaka Kabupaten Tulungagung itu. “Kami mendorong menuju kesakralan. Melestarikan kesejarahan, maka Kiai Upas  yang konon merupakan bagian jimat dari Adipati Ngrowo kalau sekarang Bupati Tulungagung untuk diboyong ke rumah semula,” paparnya.

Menurut dia, saat ini upaya pembelian Dalem Kanjengan oleh Pemkab Tulungagung dalam proses appraisal (penaksiran harga), sehingga belum diketahui besaran harganya.

“Yang pasti kami dan bupati bersama-sama (dalam upaya pembelian Dalem Kanjengan). Eksekutif dan legistlaif kerjanya harmoni demi masyarakat,” paparnya.

Seperti diketahui, saat ini pusaka tombak Kanjeng Kiai Upas berada di Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Kabupetan Tulungagung yang bersebelahan dengan Dalem Kanjengan. Pemkab Tulungagung menerima pusaka peninggalan masa Kerajaan Mataram Islam dengan panjang tombak mencapai 3,25 meter itu dari Keluarga RM Pringgo Kusumo.