Berkas Pendaftaran Bacawabup Dinyatakan Lengkap dan Memenuhi Syarat

0
85
Suprapto terima pemenuhan berkas cawabup
Suprapto saat menerima pemenuhan berkas pendaftaran Bacawabup Gatut Sunu Wibowo, Selasa (24/8), kemarin.

DPRD TULUNGAGUNG – Semua berkas pendaftaran bakal calon wakil bupati (bacawabup) yang telah diserahkan pada Panitia Khusus (Pansus) Pemilihan Wakil Bupati (Wabup) Tulungagung Sisa Masa Jabatan tahun 2018-2023 dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat.

“Semua sudah diserahkan berkasnya pada kami. Dan kemarin kami pun rapat pleno menetapkan hasil verifikasi semua berkas bacawabup sudah memenuhi syarat,” ujar Ketua Pansus Pilwabup, Suprapto SPt MMA, Rabu (25/8).

Ia mengungkapkan pemenuhan berkas syarat pendaftaran cawabup sudah dipenuhi kedua cawabup pada Selasa (24/8). Cawabup asal PDI Perjuangan, Gatut Sunu Wibowo, datang langsung bersama timnya saat memenuhi persyaratan berkas pendaftaran tersebut. Sedang pemenuhan berkas cawabup dari Partai Nasdem, Panhis Yody Wirawan, yang menyerahkan adalah Ketua DPD Partai Nasdem Tulungagung, Ahmad Djadi, dan tiga pengurus DPD Partai Nasdem Tulungagung lainnya.

“Berkas yang diserahkan bacawabup atau parpol pengusung sudah lengkap dan memenuhi syarat. Termasuk berkas pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani,” imbuhnya.

Selanjutnya, Suprapto menyatakan saat ini Pansus Pilwabup sedang menunggu penetapan cawabup yang akan dilakukan dalam rapat paripurna DPRD Tulungagung. “Kami sudah laporkan hasil verifikasi yang sudah dilakukan pansus dan minta penjadwalan pada pimpinan dewan untuk penetapan bakal calon (bacawabup) menjadi calon (cawabup). Selain juga untuk dilakukan pengundian nomor urut calon,” paparnya.

Sementara itu, Sekretaris Pansus Pilwabup, H Sukanto Skep Ners MKes, membenarkan jika rencana rapat paripurna penetapan cawabup masuk dalam agenda pembahasan Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Tulungagung. “Hasil rapat Bamus kemarin memutuskan rapat paripurna penetapan cawabup akan dilakukan pada Sabtu (28/8) depan,” katanya.

sukanto periksa pemenuhan berkas cawabup
Di hari yang sama, Selasa (24/8), Sukanto memeriksa pemenuhan kelengkapan berkas pendaftaran Bacawabup Panhis Yody Wirawan yang diserahkan pengurus DPD Partai Nasdem Tulungagung.

Sukanto yang juga anggota Bamus ini mengungkapkan pula jika pelaksanaan rapat paripurna penetapan cawabup tersebut akan bersamaan dengan agenda lainnya. Artinya, dalam rapat paripurna itu tidak hanya dengan acara pokok penetapan cawabup, tetapi dibarengkan dengan beberapa agenda kedewanan lain.

“Tetapi untuk penentuan atau pengundian nomor urut cawabup sepertinya belum diacarakan di rapat paripurna pada Sabtu (28/8) depan. Hanya penetapan calon (cawabup) saja. Mekanisme pengundian nomor urut masih dibicarakan,” bebernya.