Komisi B Segera Panggil Disperta Soal Pemangkasan Alokasi Pupuk Urea Subsidi

0
97
Susilowati
Susilowati
DPRD TULUNGAGUNG – Komisi B DPRD Tulungagung rencananya dalam waktu dekat bakal memanggil Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Tulungagung. Pemanggilan tersebut terkait alokasi pupuk urea bagi petani Tulungagung yang terkepras sampai 50 persen pada tahun 2024 ini.
“Kami sudah merencanakan audiensi dengan Disperta Tulungagung. Rencananya akan kami panggil pada minggu depan,” ujar Ketua Komisi B DPRD Tulungagung, Susilowati, Minggu (14/1).
Sejauh ini, menurut dia, Komisi B DPRD Tulungagung belum bertemu dengan Disperta Tulungagung usai adanya pemberitaan alokasi pupuk urea bersubsidi dipangkas sampai 50 persen dari kebutuhan petani. “Karena itu, akan kami panggil sebelum masa reses DPRD Tulungagung,” terangnya.
Susilowati mengakui jika pengurangan kuota pupuk urea bersubsidi tidak hanya untuk Tulungagung saja, tetapi secara nasional. Namun demikian, hal itu jangan sampai membuat petani menderita akibat kelangkaan pupuk urea bersubsidi.
“Jika diperlukan nanti kami bersama Disperta bisa mengambil langkah seperti dulu ketika kuota pupuk juga dikurangi. Kami dulu sampai melangkah ke Kementerian Pertanian RI dan juga ke DPR RI ke komisi yang membidangi untuk menambah kuota,” paparnya.
Selanjutnya Susilowati menyebut dalam permasalahan pupuk urea bersubsidi, Komisi B DPRD Tulungagung dan Disperta Kabupaten Tulungagung terus berupaya mendorong petani untuk menggunakan pupuk organik. “Sebenarnya kami juga sudah arahkan petani ke pupuk organik. Dan sepertinya mereka (petani) juga mulai sadar pentingnya pupuk organik,” tuturnya.
Dikatakan, jika petani terus menggunakan pupuk kimia dikhawatirkan akan mempengaruhi tanah pertanian. “Sekarang sudah banyak petani yang sadar akan pentingnya pemberian pupuk organik. Tetapi, karena mereka juga sudah terbiasa serba cepat serta instan dan dinilai pupuk organik kurang cepat, akhirnya tetap menggunakan pupuk kimia,” pungkas Susilowati.
———————————————————————————–
Like dan Follow Fanpagenya di DPRD Tulungagung
Follow juga Instagramnya di : @dprdtulungagung
———————————————————————————–
Keterangan Foto:
Susilowati