Ketua Dewan Ajak Masyarakat Manfaatkan Teknologi Untuk Kemudahan

0
45

DPRD TULUNGAGUNG – Ketua DPRD Tulungagung, Marsono SSos, mengajak masyarakat Tulungagung untuk memanfaatkan teknologi yang ada. Utamanya yang sudah disediakan Pemkab Tulungagung untuk memudahkan mendapat layanan publik.

“Manfaatkan teknologi secara maksimal, seperti aplikasi online Pandu Cakti (pelayanan administrasi kependudukan cepat akurat terintegrasi) yang dibuat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Tulungagung,” ujarnya usai peluncuran aplikasi online Pandi Cakti oleh Bupati Tulungagung, Drs Maryoto Birowo, di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, Kamis (7/10).

Menurut dia, dengan memanfaatkan teknologi, masyarakat akan memperoleh kemudahan. Tak terkecuali di aplikasi online Pandu Cakti dalam layanan administrasi kependudikan.

“Dalam bahasa saya jadi tidak pakai lama. Pakai selesai,” sambungnya lantas tersenyum.

Marsono pun berharap semua OPD di lingkup Pemkab Tulungagung untuk melakukan inovasi seperti yang dilakukan Dispendukcapil. Terutama OPD yang melayani masyarakat secara langsung.

“Memberi kemudahan bagi masyarakat itu merupakan kewajiban negara. Dan ini bisa dilakukan masing-masing OPD di lingkup Pemkab Tulungagung,” paparnya.

Layanan aplikasi online Pandu Cakti dapat diakses seluruh warga Kabupaten Tulungagung dan dilayani di semua desa dan kelurahan. Yakni di 271 desa dan kelurahan di wilayah Tulungagung.

Selain menghadiri peluncuran aplikasi online Pandu Cakti bersama Ketua Komisi A DPRD Tulungagung, Gunawan, Marsono juga sempat meninjau penggunaan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang berlokasi di halaman depan Kantor Dispendukcapil Kabupaten Tulungagung. Di ADM tersebut masyarakat dapat pula mencetak kartu keluarga (KK), surat keterangan pindah, akta kelahiran dan akta kematian.