Pansuslih Wabup Target Cetak Surat Suara Selesai Lusa

0
29
Contoh foto cawabup di surat suara sudah ditempel di papan pengumuman di lobi Kantor DPRD Tulungagung.
Contoh foto cawabup di surat suara sudah ditempel di papan pengumuman di lobi Kantor DPRD Tulungagung.

DPRD TULUNGAGUNG – Panitia Khusus Pemilihan (Pansuslih) Wabup Tulungagung Sisa Masa Jabatan Tahun 2018-2023 menargetkan pencetakan surat suara pilwabup selesai pada Kamis (16/9) lusa. Sehari sebelum penyelenggaraan rapat paripurna penyampaian visi dan misi oleh masing-masing cawabup.

“Saat ini sudah kami lakukan pencetakan surat suaranya. Target kami hari Kamis (16/9) depan sudah selesai cetak,” ujar Ketua Pansuslih Wabup Tulungagung, Suprapto, Selasa (14/9).

Pria berambut putih ini menyebut surat suara yang dicetak sebanyak dua kali lipat dari jumlah pemilih ditambah lima surat suara cadangan. Itu artinya, secara keseluruhan dicetak sebanyak 110 lembar surat suara jika jumlah pemilih sebanyak 50 anggota dewan.

“Penambahan ini untuk antisipasi jika terjadi draw atau imbang. Dalam pemungutan suara ada kemungkinan imbang. Karena itu, kami cetak dua kali lipat,” paparnya.

Suprapto menepis kemungkinan tambahan surat suara tersebut bakal dijadikan surat suara siluman dan membuat acara pemungutan suara menjadi kacau. Dia menandaskan sudah mengantisipasinya.

“Adanya surat suara siluman sudah kami antisipasi. Nanti saat acara pemungutan suara, akan ada penandatanganan di surat suara di depan pemilih saat akan melakukan pencoblosan surat suara,” bebernya.

Selanjutnya Suprapto mengungkapkan pelaksanaan sidang paripurna pemungutan suara serta sidang paripurna penyampaian visi dan misi akan dilakukan secara terbuka. Meski di ruang rapat paripurna akan dibatasi jumlah yang hadir karena masih pandemi Covid-19 dan minimnya kapasitas ruangan.  “Tetapi  kami juga menyediakan tenda bagi yang tidak bisa melihat di ruang rapat paripurna,” sambungnya.

Ia juga menyatakan sesuai rencana rapat paripurna penyampaian visi dan misi pada Jumat (17/9) mendatang akan diselenggarakan pada pukul 13.00 WIB siang sesudah Salat Jumat. Sementara untuk rapat paripurna pemungutan suara pada Sabtu (18/9) dilakukan pada pukul 09.00 WIB pagi.