Komisi D Kunjungi Dishub dan Disbudpar

0
128
kom d di Dishub
Pimpinan dan anggota Komisi D saat melakukan kunjungan koordinasi di Kantor Dishub Kabupaten Tulungagung, Rabu (4/8).

DPRD TULUNGAGUNG – Pimpinan dan anggota Komisi D DPRD Tulungagung, Rabu (4/8), melakukan kunjungan kerja ke Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tulungagung dan Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwasata (Disbudpar) Kabupaten Tulungagung. Kunjungan tersebut untuk koordinasi kinerja dalam menjalankan fungsi pengawasan.

Ketua Komisi D DPRD Tulungagung, H Abdullah Ali Munib, mengungkapkan kunjungan ke Kantor Dishub untuk koordinasi yang selama menjadi perhatian dewan dan masyarakat. Di antaranya masalah rambu dan lampu penerangan di perempatan jalam dan parkir kendaraan bermotor.

“Kami minta pada Dishub untuk memperhatikan dan melakukan pengadaan lampu penerangan termasuk lampu kuning berkedip di beberapa lokasi perempatan jalan. Masalahnya, selama ini di beberapa titik perempatan itu seperti di antaranya di perempatan Puskesmas Sumbergempol sering terjadi kecelakaan lalulintas, apalagi tidak ada lampu traffic light-nya,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Munib dalam kunjungan ke Kantor Dishub yang ditemui langsung oleh Kepala Dishub Kabupaten Tulungagung, Galih Nusantoro SSTP MM, ini Komisi D DPRD Tulungagung mengutarakan evaluasinya tentang Perda Parkir. Mereka berharap ada penyesuaian tarif parkir di jalan-jalan tertentu yang saat ini sudah berkembang pesat sebagai pusat perekonomian.

“Kami pun minta dalam hal perparkiran ini ada papan atau plang yang bertuliskan tentang kendaraan bermotor berplat nopol Tulungagung bebas bayar parkir karena sudah berlangganan parkir, sehingga kalau pengendara yang parkir berplat nopol Tulungagung saat memberi (uang jasa parkir) pada jukir benar-benar ikhlas,” paparnya.

Sementara itu, saat berkunjung ke Kantor Disbudpar Kabupaten Tulungagung, politisi asal PKB ini menyebut Komisi D minta pada Disbudpar untuk mulai melakukan koordinasi dengan Dinas PUPR dan Bappeda untuk memuluskan jalan menuju akses tempat wisata se-Tulungagung. “Keberadaan infrastruktur jalan ke tempat wisata ini penting untuk menghadapi pengoperasian Bandara di Kediri dan Jalan Tol Tulungagung – Kediri,” tuturnya.

kom d di disbudpar
Di hari yang sama, pimpinan dan anggota Komisi D juga melakukan kunjungan koordinasi di Kantor Disbudpar dan diterima oleh Kepala Disbudpar Kabupaten Tulungagung, Drs Bambang Ermawan SPd.

Dengan pembangunan infrastruktur jalan menuju tempat wisata, menurut Munib tentu ke depan akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Tulungagung. Disamping juga, merupakan pengejawantahan dari visi misi Bupati Tulungagung untuk membangun infrastruktur di pinggiran dalam meningkatkan pariwisata dan UMKM.

Rencananya, Komisi D dalam tiga hari ini akan melakukan kunjungan koordinasi serupa ke OPD lingkup Pemkab Tulungagung lainnya yang merupakan mitra kerjanya. Seperti di antaranya Dinas PUPR dan Dinas Perkim.