Pimpinan dan Anggota Dewan Reses Terakhir

0
7
Sudarmaji
Sudarmaji

DPRD TULUNGAGUNG – Pimpinan dan anggota DPRD Tulungagung mulai hari ini, Kamis (18/4), melakukan reses. Kegiatan penyerapan aspirasi masyarakat ini akan berlangsung selama empat hari dan berakhir pada Minggu (21/4) mendatang.

Sekretaris DPRD Tulungagung, Sudarmaji SSos MSi, mengungkapkan masa reses anggota DPRD Tulungagung periode 2019 – 2024 kali ini merupakan reses terakhir. “Sesudah ini tidak ada lagi reses untuk anggota dewan periode ini. Reses sekarang reses terakhir,” ujarnya.

Ia menyebut reses sekarang merupakan reses masa sidang II tahun sidang V. “Untuk reses yang masa sidang III tahun sidang V tidak ada. Nanti ada reses lagi untuk anggota dewan baru periode 2024 – 2029,” terangnya.

Rencananya, anggota DPRD Tulungagung periode 2024 – 2029 sesuai rapat terakhir di Provinsi Jatim bakal dilatik pada tanggal 24 Agustus 2024.

Sudarmaji selanjutnya membeberkan dalam reses terakhir, pimpinan dan anggota dewan tetap melakukan kegiatan penyerapan aspirasi masyarakat di daerah pemilihannya masing-masing. Meski dalam kegiatan reses kali ini aspirasi masyarakat tersebut tidak ditampung dalam pokok pikiran (pokir) dewan.

“Reses terakhir sekarang tidak berhubungan dengan pokir. Pokir sudah diajukan dalam reses sebelumnya. Aspirasi masyarakat bisa dimasukkan dalam PAK APBD 2024,” paparnya.

Mantan Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Tulungagung ini juga menyebut jika pimpinan dan anggota dewan dalam reses terakhir berkegiatan di daerah pemilihan yang lama. Bukan daerah pemilihan yang baru.

Seperti diketahui, dalam Pileg 2019 lalu, KPU Tulungagung membagi Kabupaten Tulungagung dengan lima daerah pemilihan (dapil). Namun pada Pileg 2024, jumlah dapilnya bertambah satu menjadi enam dapil.