Rapat Paripurna Penyampaian Perubahan APBD Tahun Anggaran 2023

0
281
Marsono menerima Ranperda Perubahan APBD tahun anggaran 2023 yang diserahkan Bupati Maryoto Birowo saat rapat paripurna DPRD Tulungagung, Senin (28/8).
Marsono menerima Ranperda Perubahan APBD tahun anggaran 2023 yang diserahkan Bupati Maryoto Birowo saat rapat paripurna DPRD Tulungagung, Senin (28/8).

DPRD TULUNGAGUNG – DPRD Tulungagung menggelar rapat paripurna penyampaian Ranperda tentang Perubahan APBD Kabupaten Tulungagung Tahun Anggaran 2023. Rapar paripurna berlangsung di Ruang Graha Wicaksana Kantor DPRD Tulungagung, Senin (28/8).

Bupati Maryoto Birowo ketika menyampaikan sambutan
Bupati Maryoto Birowo ketika menyampaikan sambutan

Hadir dalam rapar paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Tulungagung, Marsono SSos, tersebut Bupati Tulungagung, Drs Maryoto Birowo MM. Selain juga di antaranya Wabup Tulungagung, Gatut Sunu Wibowo SE dan tiga Wakil Ketua DPRD Tulungagung.

Saat menyampaikan sambutannya, Bupati Maryoto Birowo meminta pada anggota DPRD untuk segera menyelesaikan pembahasan Ranperda Perubahan APBD tahun 2023. Mantan Sekda Tulungagung ini menyatakan hanya tinggal satu bulan lagi menjabat sebagai Bupati Tulungagung.

“Harapan saya tidak terlalu lama dalam membahas Ranperda Perubahan APBD tahun 2023. Kata Pak Ketua (DPRD Tulungagung) sat set wat wet brebet,” paparnya dan kemudian tersenyum.

Sedang terkait komposisi rencana anggaran setelah dilakukan perubahan APBD Tulungagung tahun 2023, Bupati Maryoto Birowo menandaskan terjadi penambahan anggaran belanja sebesar Rp 360,282 miliar dan membuat anggaran belanja naik menjadi Rp 3,095 triliun dari yang sebelumnya Rp 2,735 trilun. Begitu pun di sisi rencana pendapatan juga bertambah Rp 73,084 miliar, dari yang sebelumnya sebesar Rp 2,575 triliun menjadi Rp 2,648 triliun.

Penambahan belanja itu antara lain untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian daerah, prioritas bidang infrastruktur, peningkatan kualitas SDM, menumbuhkan revolusi mental, pembangunan kebudayaan dan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain juga untuk menciptakan stabilitas ketentraman dan ketertiban umum  serta meningkatkan kualitas pelayanan publik dan memperkuat infrastruktur pangan.

Sementara itu, Marsono menyambut baik permintaan Bupati Maryoto Birowo agar DPRD Tulungagung segera menyelesaikan pembahasan Ranperda tentang Perubahan APBD tahun anggaran 2023. “Saya yakin spiritnya luar biasa. Bisa sat set wat wet juga. Tetapi tidak pakai brebet,” bebernya lantas tertawa.