Dewan Bakal Bahas Pengabadian Pahlawan Pendidikan Sebagai Nama Jalan

0
28
Marsono bersama Bupati Maryoto Birowo dan Forkopimda berfoto bersama usai pengukuhan PKS di Upacara Hari Pahlawan, Kamis (10/11).
Marsono bersama Bupati Maryoto Birowo dan Forkopimda berfoto bersama usai pengukuhan PKS di Upacara Hari Pahlawan, Kamis (10/11).

DPRD TULUNGAGUNG – DPRD Tulungagung bersama Pemkab Tulungagung bakal membahas nama tokoh pendidikan di Tulungagung sebagai nama jalan. Tokoh pahlawan pendidikan itu bernama Sumarni.

Sejumlah pimpinan DPRD Tulungagung juga ikut mengikuti upacara Hari Pahlawan, Kamis (10/11).
Sejumlah pimpinan DPRD Tulungagung juga ikut mengikuti upacara Hari Pahlawan, Kamis (10/11).

“Ini rasa penghargaan pada beliau karena jasanya. Nanti kita bahas dalam lembaga DPRD dan eksekutif untuk diemplementasikan dalam penamaan nama jalan,” ujar Ketua DPRD Tulungagung, Marsono SSos, usai upacara Hari Pahlawan di halaman Kantor Bupati Tulungagung, Kamis (10/11).
Selanjutnya ia menyatakan di dalam peringatan Hari Pahlawan, diharapkan semua warga dapat meneladani pahlawan. Selain juga harus mengisi kemerdekaan dengan pembangunan.
“Pemerintah bersinergi untuk bersatu padu mengimplementasikan pembangunan. Yang terpenting pro rakyat dan bertumpu pada perekonomian rakyat,” tuturnya.
Hal yang sama dikatakan Bupati Tulungagung, Drs Maryoto Birowo MM. Ia pun mengungkapkan jika Sumarni, nama tokoh pendidikan di Tulungagung bakal diabadikan sebagai nama jalan di Kota Tulungagung. Saat ini realisasinya sedang  diproses oleh Pemkab Tulungagung dan  DPRD Tulungagung.
“Soal nama Sumarni menjadi nama jalan akan dibahas bersama antara Pemkab Tulungagung dan DPRD Tulungagung,” katanya.
Menurut dia, jika sudah diparipurnakan dan disetujui oleh DPRD Tulungagung, maka nama Sumarni akan menjadi nama jalan di Kota Tulungagung. “Kemungkinannya nanti nama jalannya di daerah Pasar Burung. Itu atas usulan keluarga dan masyarakat,” sambungnya.
Bupati Maryoto Birowo kemudian menjelaskan saat ini sejumlah nama jalan dan rumah sakit di Kota Tulungagung sudah bernama tokoh pahlawan. Salah satunya Jl Mayor Sujadi dan RSUD dr Iskak.
“Mayor Sujadi tokoh pejuang dari Tulungagung. Juga dengan dr Iskak, merupakan tokoh pejuang di bidang kesehatan. Sekarang namanya menjadi nama RSUD,” paparnya.
Sementara itu, dalam upacara Hari Pahlawan trsebut juga dilakukan pengukuhan 280 siswa tingkat SMP dan tingkat SMA yang tergabung dalam Patroli Keamanan Sekolah (PKS). Bupati Maryoto Birowo bersama Forkopimda Tulungagung mengukuhkan secara simbolis pada lima orang di antaranya.