Paripurna Penyampaian Rekomendasi LKPJ Bupati Tahun 2021

0
54
Marsono menyerahkan rekomendasi DPRD Tulungagung terhadap LKPJ Bupati Tulungagung akhir tahun anggaran 2021 pada Bupati Maryoto Birowo, Selasa (12/4) siang.
Marsono menyerahkan rekomendasi DPRD Tulungagung terhadap LKPJ Bupati Tulungagung akhir tahun anggaran 2021 pada Bupati Maryoto Birowo, Selasa (12/4) siang.

DPRD TULUNGAGUNG – DPRD Tulungagung, Selasa (12/4) siang, menyelenggarakan rapat paripurna penyampaian perubahan Propemperda tahun 2022 dan penyampaian rekomendasi DPRD atas LKPJ Bupati Tulungagung akhir tahun anggaran 2021. Rapat paripurna berlangsung di Ruang Graha Wicaksana Kantor DPRD Tulungagung.

Hadir dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Tulungagung, Marsono, itu Bupati Tulungagung, Drs Maryoto Birowo MM dan Wakil Bupati Tulungagung, Gatut Sunu Wibowo SE. Selain juga di antaranya tiga wakil ketua DPRD Tulungagung dan anggota DPRD Tulungagung. Sementara kepala OPD lingkup Pemkab Tulungagung mengikuti rapat paripurna di kantor masing-masing melalui teleconference.

Adib Makarim saat membacakan rekomendasi DPRD Tulungagung atas LKPJ Bupati Tulungagung akhir tahun anggaran 2021.
Adib Makarim saat membacakan rekomendasi DPRD Tulungagung atas LKPJ Bupati Tulungagung akhir tahun anggaran 2021.

Wakil Ketua DPRD Tulungagung, Adib Makarim MH, saat membacakan rekomendasi atas LKPJ Bupati Tulungagung akhir tahun anggaran 2021menyoroti terkait masih banyaknya dijumpai jalan rusak di wilayah Kabupaten Tulungagung. Ia berharap jalan rusak itu sudah dapat teratasi atau diperbaiki paling tidak sampai akhir masa jabatan bupati pada tahun 2023 mendatang.

“Ini merupakan catatan strategis dari fraksi di dewan. Jangan hanya didengar, kami minta diperhatikan dan saat musim Pemilu 2024 semua infrastruktur sudah selesai (diperbaiki) semua,” paparnya.

Selain itu, Adib Makarim menyebut sejumlah persoalan lain yang harus segera mendapat pembenahan oleh Bupati Maryoto Birowo. Di antaranya tingkat kemiskinan warga Tulungagung, pengananan penyakit TBC, tata kelola perparkiran di RSUD dr Iskak Tulungagung dan bantuan siswa miskin di Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tulungagung.

Sebelumnya, anggota Bapemperda DPRD Tulungagung, Muti’in SE MSi, ketika menyampaikan perubahan kedua Propemperda tahun 2022 mengungkapkan adanya penambahan judul rancangan peraturan daerah (ranperda) yang akan dibahas pada Propemperda tahun 2022.

Ia membeberkan 22 judul ranperda yang akan dibahas pada tahun 2022 setelah perubahan kedua itu. Di antara tambahan judul ranperda yang akan dibahas yakni, Ranperda tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, Ranperda tentang Pencegahan dan Penanggulangan Stunting, Ranperda tentang Penyelenggaraan Ketahanan Keluarga dan Ranperda tentang Pencegahan Perkawinan Anak Usia Dini.

Muti’in ketika membacakan perubahan kedua Propemperda tahun 2022.
Muti’in ketika membacakan perubahan kedua Propemperda tahun 2022.

Sementara itu, menanggapi rekomendasi dari DPRD Tulungagung yang diserahkan langsung oleh Marsono, Bupati Maryoto Birowo menandaskan akan menindaklanjutinya. “Rekomendasi dewan menjadi acuan dan akan dilaksanakan,” tegasnya.

Bupati Maryoto Birowo pun mengakui saat ini banyak jalan rusak akibat genangan air hujan dan diperparah saluran air yang belum ada. Ia pun berjanji akan segera memperbaiki jalan rusak tersebut sebelum lebaran Idul Fitri.

“Saya sadar sebentara lagi Hari Raya Idul Fitri. Tentu saja ini akan saya kebut perbaikan jalan ini. Menambali lobang yang di jalan di semua wilayah,” paparnya.