Pansus Pilwabup Terima Berkas Pendaftaran Dua Cawabup

0
86
Cawabup PDIP daftar
Suprapto menerima berkas pendaftaran Cawabup Gatut Sunu Wibowo yang diserahkan Sodik Purnomo dan Gatut Sunu Wibowo, Jumat (20/8).

DPRD TULUNGAGUNG – Panitia Khusus (Pansus) Pemilihan Wakil Bupati (Pilwabup) Tulungagung Sisa Masa Jabatan 2018-2023 menerima berkas pendaftaran dua calon wakil bupati (cawabup) yang diserahkan parpol pengusung masing-masing, Jumat (20/8). Penerimaan berkas pendaftaran ini berlangsung di Ruang Sekretariat Pansus Pilwabup di Kantor DPRD Tulungagung.

Ketua Pansus Pilwabup, Suprapto SPt MMA, mengungkapkan dengan diterimanya berkas pendaftaran dua cawabup tersebut, Pansus Pilwabup akan segera melakukan verifikasi. “Verifikasi ini dilakukan untuk mengetahui apa masih ada kekurangan dari persyaratan berkas yang telah diserahkan,” ujarnya.

Menurut dia, ada waktu selama tiga hari bagi cawabup untuk melengkapi jika masih ada kekurangan persyaratan setelah dilakukan verifikasi. “Verifikasi sesuai kesepakatan anggota pansus akan dilakukan pada minggu ini karena sudah ada penyerahan berkas pendaftaran,” sambungnya.

Suprapto selanjutnya menyatakan Pansus Pilwabup akan melakukan pemeriksaan kesehatan pada dua cawabup yang telah melakukan pendaftaran itu. Pelaksanaannya menunggu koordinasi antara Pansus Pilwabup dan RSUD dr Iskak Tulungagung.

“Kami akan lakukan sesegera mungkin. Setelah nanti ditentukan jadwalnya kedua cawabup akan melakukan tes kesehatan jasmani dan rohani di RSUD dr Iskak,” paparnya.

Soal penyerahan berkas pendaftaran cawabup yang lebih cepat dari jadwal hari terakhir pendaftaran, Suprapto membeberkan hal itu tidak akan memajukan jadwal proses pemilihan wabup oleh Pansus Pilwabup. “Jadwal tetap seperti yang telah ditetapkan. Untuk pelaksanaan pemungutan suara pada tanggal 18 September 2021,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Tulungagung, Sodik Purnomo, usai penyerahan berkas pendaftaran menyatakan berkas yang diserahkan merupakan berkas seperti yang dipersyaratkan dalam tatib pilwabup. “Berkas yang kami serahkan hampir lengkap,” ujarnya.

Begitupun yang dikatakan Cawabup asal PDI Perjuangan Gatut Sunu Wibowo yang ikut serta dalam penyerahan berkas pendaftaran. Menurut dia, semua persyaratan yang diserahkan semuanya sudah relatif lengkap. “Semuanya sudah dilengkapi seperti yang diutarakan sekretaris,” tuturnya.

Sodik Purnomo menjelaskan ada sebagian persyaratan atau berkas yang masih belum dipenuhi, karena memang yang menyelenggarakan adalah Pansus Pilwabup. Yakni persyaratan kesehatan jasmani dan rohani.

Hal yang sama dikatakan Sekretaris DPD Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Tulungagung, Tatang Adi Wiyono. Ia yang menyerahkan berkas pendaftaran Cawabup Panhis Yody Wirawan bersama dua pegurus DPD Partai Nasdem Tulungagung membeberkan pula jika tinggal menunggu pemeriksaan kesehatan bagi Panhis Yody Wirawan yang akan diselenggarakan Pansus Pilwabup.

“Alhamdulilah, pada Jumat (20/8) ini berkas pendaftaran cawabup dari Partai Nasdem sudah diserahkan. Tinggal menunggu tes kesehatan dari Pansus Pilwabup,”ujarnya.

Sedang terkait Panhis yang tidak ikut hadir saat penyerahan berkas pendaftaran, menurut Tatang, yang bersangkutan sedang menyelesaikan kekurangan dari berkas yang diserahkan pada Pansus Pilwabup. “Kalau Ketua DPD Partai Nasdem tidak ikut karena sedang menerima tamu di rumahnya,” pungkasnya.

Cawabup Nasdem Daftar
Suprapto diwaktu yang hampir bersamaan juga menerima berkas pendaftaran Cawabup Panhis Yody Wirawan yang diserahkan Tatang Adi Wiyono, Jumat (20/8).