Komisi C Pantau Bansos Untuk Pedagang Terdampak Covid-19

0
170
datangi rumah pedagang GOR
Pimpinan dan anggota Komisi C saat melakukan pengecekan pemberian bansos di rumah salah satu pedagang GOR Lembu Peteng di Kelurahah Bago, Senin (9/8).

DPRD TULUNGAGUNG – Pimpinan dan anggota Komisi C DPRD Tulungagung, Senin (9/8), melakukan pemantauan atau pengecekan bantuan sosial (bansos) yang diberikan Pemkab Tulungagung pada pedagang yang terdampak Covid-19. Pemantauan dilakukan pada pedagang GOR Lembu Peteng dan pedagang di Pantai Gemah.

Ketua Komisi C DPRD Tulungagung, Asrori SH, usai melakukan pemantauan mengungkapkan pemberian bansos pada pedagang GOR Lembu Peteng dan Pantai Gemah sudah berjalan dengan baik. “Mereka (para pedagang) telah menerima bansos yang diberikan oleh Bupati Tulungagung itu,” ujarnya.

Menurut dia, pemantauan pemberian bansos yang berupa paket sembako ini dilakukan langsung dengan mendatangi rumah pedagang. Seperti di salah satu rumah pedagang GOR Lembu Peteng di Kelurahan Bago Kecamatan Tulungagung.

“Kami langsung mendatangi rumah pedagang. Dan benar mereka sudah menerima paket sembako bansos yang dananya juga berasal dari APBD Tulungagung tersebut. Pedagang GOR Lembu Peteng yang menerima bansos ada 112 pedagang dari 115 pedagang. Yang tiga pedagang tidak menerima karena merupakan warga luar Kabupaten Tulungagung,” paparnya.

Komisi C DPRD Tulungagung, lanjut Asrori, mengapresiasi bantuan yang diberikan pada pedagang yang terdampak Covid-19. Apalagi bagi pedagang di GOR Lembu Peteng yang dalam sebulan terakhir harus tutup total tidak berdagang karena pemberlakuan PPKM Darurat dan PPKM Level 4.

Komisi C DPRD Tulungagung memahami kondisi sulit yang saat ini dijalani para pedagang. “Mereka minta pada pemerintah untuk tidak ada lagi pemberlakuan perpanjangan PPKM Level 4. Dampak dari penutupan total untuk berdagang di GOR Lembu Peteng dalam sebulan terakhir sangat dirasa dampaknya bagi pedagang setempat,” paparnya lagi.

Ke depan, Asrori berharap dinas terkait dapat melakukan pendampingan atau pembinaan para pedagang di GOR Lembu Peteng. Apalagi, mereka sudah bersedia membayar retribusi.

Rencananya, Komisi C DPRD Tulungagung juga akan melakukan pemantauan terhadap penanganan Covid-19 yang dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung. Pengecekan tersebut akan dilakukan pada Selasa (10/8) besok.