OPD Harus Lakukan Inovasi Bangkitkan Gairah Ekonomi

0
240
ketua dewan musrenbang
Marsono menandatangani berita acara musrenbang bersama Bupati Maryoto Birowo, Kamis (18/3).

DPRD TULUNGAGUNG – Ketua DPRD Tulungagung, Marsono SSos, berharap semua OPD di lingkup Pemkab Tulungagung melakukan inovasi untuk membangkitakan gairah ekonomi rakyat di tengah masih berlangsungnya pandemi Covid-19.

“Hari ini sudah harus melakukan opsi yang ketiga, yakni melakukan inovasi mebangkitkan ekonomi sesuai OPD yang dimiliki Pemkab Tulungagung,” ujarnya usai menghadiri acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Tulungagung Tahun 2022 di Hotel Crown Victoria, Kamis (18/3).

Menurut politisi PDI Perjuangan ini kebangkitan ekonomi rakyat saat ini merupakan problem yang harus diselesaikan dalam era pandemi Covid-19, disamping dua problem atau krisis lainnya. Yakni krisis kesehatan dan krisis sosial.

Karena itu, lanjut dia, kegiatan musrenbang dapat menjadi harapan untuk bersinergi bersama dalam menyelesaikan krisis yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19. Apalagi dalam musrenbang, anggota DPRD Tulungagung juga punya ranah di jaring aspirasi masyarakat dan pokok-pokok pikiran (pokir) anggota dewan.

“Jadi di era pandemi sekarang ini semestinya kita tidak boleh berhenti berinovasi. Utamanya inovasi untuk menggairahkan ekonomi kerakyatan,” paparnya.

Hal yang sama dikatakan Bupati Tulungagung. Menurut dia, prioritas pembangunan di Tulungagung dalam musrenbang tetap memprioritaskan lima bidang. Yaitu, peningkatan sumber daya manusia (SDM), infrastruktur, regulasi, birokrasi dan transformasi ekonomi.

“Di era pandemi Covid-19 sekarang ini kami pun berusaha untuk memulihkan ekonomi. Meningkatkan ekonomi masyarakat,”paparnya.

Sektor ekonomi, lanjut mantan Wabup Tulungagung tersebut harus dikuatkan. Termasuk sektor pariwisata dan infrasutruktur.