DPRD Tulungagung Dukung Pembuatan Kampung Tangguh Covid-19

0
274
Marsono bersama Bupati Maryoto Birowo dan anggota Forkopimda lainnya melihat penyemprotan disinfektan pada semua kendaraan yang masuk Kampung Tangguh Perumahan Puri Mas, Selasa (26/5).
Marsono bersama Bupati Maryoto Birowo dan anggota Forkopimda lainnya melihat penyemprotan disinfektan pada semua kendaraan yang masuk Kampung Tangguh Perumahan Puri Mas, Selasa (26/5).

DPRD TULUNGAGUNG – Ketua DPRD Tulungagung, Marsono SSos, mendukung penuh pembuatan kampung tangguh Covid -19 di Kabupaten Tulungagung yang dilaunching Bupati Tulungagung, Drs Maryoto Birowo MM, Selasa (26/5).

“Kami sangat mendukung selama untuk kebaikan rakyat,” ujar Marsono seusai acara launching kampung tangguh di Perumahan Puri Mas Kecamatan Botoran Kota Tulungagung, Selasa (26/5).

Bahkan menurut dia, jika nanti setelah dievaluasi keberadaan kampung tangguh yang rencananya baru dibentuk satu di setiap kecamatan berhasil bisa ditambah lagi. Tidak hanya satu di setiap kecamatan, tetapi secara serentak di 271 desa dan kelurahan se-Kabupaten Tulungagung.

“Kalau nanti dianggap baik dan efisien (dalam menanggulangi Covid-19) bisa dibuat secara serentak di 271 desa dan kelurahan,” paparnya.

Sebelumnya, Bupati Maryoto Birowo menyatakan untuk tahap awal di Kabupaten Tulungagung dibentuk tiga kampung tangguh. Selain di Kelurahan Botoran Kecamatan Tulungagung, juga ada di dua kecamatan lainnya.

“Yang dua lagi di Desa Jabalsari Kecamatan Sumbergempol dan di Desa Gesikan Kecamatan Pakel,” ujarnya.

Bupati Maryoto Birowo berharap nantinya ketiga kampung tangguh tersebut dapat ditiru oleh desa dan kelurahan lainnya di Kabupaten Tulungagung atau minimal di setiap kecamatan ada satu kampung tangguh.

“Penekanan dalam pembentukan kampung tangguh membuat masyarakat sadar dan secara bersama-sama secara mandiri dapat mengalahkan semua bencana. Termasuk bencana pandemi Covid-19,” paparnya.

Di kampung tangguh untuk mencegah penyebaran virus corona terdapat beberapa fasilitas. Di antaranya fasilitas posko kesehatan, posko logistik dan pos chek point.

Hadir dalam acara peresmian kampung tangguh di Perumahan Puri Mas Kelurahan Botoran ini selain Ketua DPRD Tulungagung dan Bupati Tulungagung juga anggota Forkopimda Kabupaten Tulungagung lainnya. Yakni Kapolres Tulungagung, AKBP Eva Guna Pandia dan Dandim 0807 Tulungagung, Letkol Inf Wildan Bahtiar.