Simulasi Rapat Paripurna Melalui Teleconference

0
455
Suasana simulasi rapat paripurna dengan teleconference yang dipandu Budi Fatahillah, Kamis (9/4).
Suasana simulasi rapat paripurna dengan teleconference yang dipandu Budi Fatahillah, Kamis (9/4).

DPRD TULUNGAGUNG – Anggota DPRD Tulungagung, Kamis (9/4), melakukan simulasi penggunaan media virtual untuk penyelenggaraan rapat paripurna. Simulasi berlangsung di Ruang Graha Wicaksana lantai II Kantor DPRD Tulungagung.

Sekretaris DPRD Tulungagung, Drs Budi Fatahillah Mansyur MSi,  berharap dengan pelaksanaan simulasi yang berjalan lancar tersebut semua anggota DPRD Tulungagung dapat menggunakan media virtual dalam rapat paripurna yang akan diselenggarakan secara teleconference selama pandemi virus Covid-19 berlangsung. “Jadi nanti dalam penyelenggaraan rapat paripurna mendatang tidak dilakukan rapat paripurna seperti biasanya. Tetapi sudah menggunakan teleconference,” ujarnya.

Bui Fatahillah juga mengatakan penggunaan media virtual tidak hanya akan digunakan saat rapat paripurna saja, tetapi juga direncanakan dalam rapat-rapat DPRD Tulungagung lainnya. Semisal rapat badan musyawarah, rapat panitia khusus dan rapat-rapat lainnya.

Dengan pelaksanaan rapat paripurna secara teleconference membuat tidak semua anggota dewan diwajibkan hadir dalam rapat paripurna di Kantor DPRD Tulungagung. Menurut Budi Fatahillah yang bakal diundang dalam rapat paripurna hanya pimpinan dewan dan ketua fraksi saja.

“Anggota dewan yang lainnya teleconference dari rumahnya masing-masing. Begitu pun dengan bupati, beliau teleconference dari pendopo,” paparnya.

Ketua DPRD Tulungagung, Marsono SSos, saat simulasi berlangsung meminta semua anggota dewan untuk mengakses telepon seluler atau laptop-nya masing-masing tepat waktu ketika pelaksanaan rapat paripurna berlangsung. “Harus sesuai dan tepat waktu agar jalannya paripurna secara virtual dapat berlangsung lancar,” tandasnya.

Ia pun mengatakan dengan penerapan teleconference selama masa tanggap darurat Covid-19, semua anggota DPRD Tulungagung dapat tetap bekerja menyelesaikan tugas legislasi meski dari rumah. “Dan itu artinya tidak hanya rapat paripurna saja yang menggunakan teleconference, tetapi rapat-rapat lainnya, seperti rapat bamus dan rapat banggar,” tuturnya.

Anggota DPRD Tulungagung asal Fraksi PAN, Fendy Yuniar M SE, menyatakan hal yang sama. Menurut dia, di masa pandemi virus Covid-19 atau corona anggota DPRD Tulungagung tetap harus bekerja. Apalagi saat ini ada teknologi untuk teleconference yang bisa diakses dengan mudah dari telepon seluler.

Sementara itu, simulasi teleconference pada Kamis (9/4), juga dilakukan oleh Sub Bagian Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Tulungagung. Mereka melakukan uji coba penggunaan media virtual tersebut dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Tulungagung.