PNS Puskesmas BLUD Tak Perlu Khawatir Dengan Tukin

0
74
Komisi C DPRD Tulungagung ketika hearing bersama Dinas Kesehatan dan Kepala Puskesmas yang bersatus BLUD, Selasa (14/1).

DPRD TULUNGAGUNG – Para PNS yang bertugas di sembilan Puskesmas yang saat ini beralih status menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) tidak perlu khawatir dengan tunjangan kinerja (tukin) atau TPP (tunjangan penambahan penghasilan). DPRD Tulungagung akan berusaha mereka akan tetap menerimanya.

Demikian ditandaskan Ketua Komisi C DPRD Tulungagung, H Asrori SH, seusai hearing bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung dan sembilan Kepala Puskesmas berstatus BLUD di Kantor DPRD Tulungagung, Selasa (14/1).

“Tidak perlu ditakutkan. Apalagi, Pak Bambang Triono (Plt Kepala Dinas Kesehatan) ketika ditanya saat hearing tidak menemukan aturan tukin atau TPP akan terhapus saat menjadi BLUD,” ujarnya.

Bahkan menurut dia, Komisi C DPRD Tulungagung berencana memanggil Sekda Tulungagung, Drs Sukaji MSi, dan beberapa OPD lingkup Pemkab Tulungagung terkait untuk menjawab secara pasti kekhawatiran para PNS di Puskesmas yang sudah berstatus BLUD itu.   Rencananya, hearing lanjutan tersebut akan dilakukan Komisi C DPRD Tulungagung pada Jumat (17/1) mendatang. “

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi C DPRD Tulungagung, H Heru Santoso MPd, mengungkapkan jika memang kemudian PNS di Puskesmas yang BLUD tidak menerima tukin atau TPP, mereka dipastikan mendapat tunjangan serupa, yakni remunerasi dari jasa pelayanan. “Jadi tidak akan mengurangi penghasilan. Di RSUD dr Iskak Tulungagung yang BLUD juga memang tidak menerima tukin atau TPP. Tetapi mereka mendapat remunerasi,” ucapnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, Bambang Triono, pengalihan status BLUD bagi Puskesmas di Tulungagung, merupakan keharusan dan amanat Perda No. 5 Tahun 2015. Karena itu, saat hearing, Komisi C DPRD Tulungagung menekankan agar BLUD di Puskesmas tetap dilaksanakan.

Tahun 2020 ini, ada sembilan Puskesmas di Kabupaten Tulungagung yang telah berailih satus menjadi BLUD. Kesembilan Puskesmas tersebut masing-masing adalah, Puskesmas Campurdarat, Puskesmas Tanggunggunung, Puskesmas Pucanglaban, Puskesmas Banjarejo, Puskesmas Sumbergempol, Puskesmas Tulungagung, Puskesmas Kauman, Puskesmas Tiudan dan Puskesmas Pagerwojo. Sedang 23 Puskesmas lainnya bakal menyusul menjadi BLUD pada tahjun 2021 mendatang.

 

TINGGALKAN PESAN