Pansus Segera Rampungkan Tatib Pemilihan Wabup

41
2513
Suprapto (baju putih tengah) memimpin rapat pembahasan tatib pemilihan wabup di Ruang Aspirasi Kantor DPRD Tulungagung, Jumat (6/12).

DPRD TULUNGAGUNG – Panitia Khusus (Pansus) Tata Tertib (Tatib) Pemilihan Wakil Bupati (Wabup) DPRD Tulungagung secara maraton terus melakukan pembahasan materi tatib. Jumat (6/12), mereka kembali rapat melanjutkan pembahasan tatib pemilihan wabup untuk yang ketiga kalinya di Ruang Aspirasi Kantor DPRD Tulungagung.

Ketua Pansus Tatib Pemilihan Wabup DPRD Tulungagung, Suprapto SPt MMA, disela rapat mengungkapkan pembahasan tatib pemilihan wabup sudah mendekati tahap akhir. “Kami kira dengan pembahasan satu kali lagi tatib sudah bisa rampung,” ujarnya.

Diakui dia, memang ada beberapa pasal di tatib pemilihan wabup yang menjadi perhatian dari anggota pansus. Di antaranya adalah masalah quorum dan syarat sahnya putusan. “Tetapi itu sudah selesai. Sudah ada aturannya,” terangnya.

Selanjutnya Suprapto yang akrab disapa dengan sebutan Buyung ini membeberkan yang saat ini bekerja membahas tatib pemilihan wabup bukanlah Panitia Pemilihan (Panlih) Wabup, tetapi Pansus Tatib Pemilihan Wabup. Ia menyebut Panlih Wabup baru akan dibentuk saat partai politik (parpol) pengusung pasangan Cabup/Cawabup Syahri Mulyo –Maryoto Birowo telah menyerahkan dua nama calon wakil bupati pada DPRD Tulungagung.

“Mekanisme dalam pemilihan wabup itu urut-urutannya adalah setelah ada surat dari Gubernur terkait pengangkatan wakil bupati menjadi bupati, maka DPRD kemudian menyampaikan surat pada parpol pengusung melalui Bupati Tulungagung agar parpol pengusung itu menyerahkan dua nama yang akan dijadikan calon wabup,” paparnya.

Suprapto membenarkan jika nantinya Panlih Wabup tidak akan membuka pendaftaran wabup. Namun mereka langsung bekerja sesuai tatib pemilihan wabup setelah ada dua nama calon wabup yang diajukan parpol pengusung . “Itu artinya kalau belum ada dua nama calon wabup yang diajukan ke DPRD maka Panlih Wabup belum bisa terbentuk,” terangnya.

41 COMMENTS

  1. Hi there! This is kind of off topic but I need some help from an established blog.
    Is it difficult to set up your own blog? I’m not very techincal but I can figure things out pretty quick.
    I’m thinking about making my own but I’m not sure where
    to start. Do you have any ideas or suggestions? Appreciate it

TINGGALKAN PESAN