Tatib Panlih Wabup Terpisah Dari Tatib DPRD

0
31
Suprapto (kiri) saat memimpin rapat finalisasi pembahasan Tatib DPRD Tulungagung di Ruang Aspirasi Kantor DPRD Tulungagung, Senin (7/10).

DPRD TULUNGAGUNG – DPRD Tulungagung akhirnya tidak memasukkan Tata Tertib (Tatib) Panitia Pemilihan (Panlih) Wakil Bupati (Wabup) dalam Tatib DPRD Tulungagung. Tatib Panlih Wabup nanti dibuat oleh Panlih yang dibentuk oleh DPRD Tulungagung atas keputusan rapat paripurna dewan.

Demikian diungkapkan Ketua Perancang Tatib DPRD Tulungagung, Suprapto SPT MMA disela rapat finalisasi pembahasan Tatib DPRD Tulungagung, Senin (7/10). “Sesuai fasilitasi di Kantor Gubernur untuk Tatib Panlih harus dipisah dengan Tatib DPRD. Karena itu, kami hari ini rapat lanjutan soal Tatib DPRD untuk difinalisasi,” ujarnya.

Selain melepas Tatib Panlih Wabup dari Tatib DPRD, menurut Suprapto, dalam Tatib DPRD Tulungagung yang baru ditambahkan pula terkait rencana kerja (renja) DPRD Tulungagung dan pokok-pokok pikiran (Pokir) DPRD Tulungagung. “Untuk Renja DPRD Tulungagung  nantinya diputuskan oleh dewan sebelum penetapan APBD,” tuturnya.

Renja DPRD Tulungagung, lanjut Suprapto, akan menyesuaikan dengan RPJMD Bupati Tulungagung. “Renja DPRD Tulungagung sama saja dengan renja OPD lainnya di lingkup Pemkab Tulungagung. Dan dituangkan dalam bentuk dokumen,” bebernya.

Sedang Pokir DPRD Tulungagung, Suprapto menyebut nantinya bakal  pula menjadi salah satu bahan dalam rencana kerja pemerintah daerah yang dilakukan bupati selama setahun kerja. Bentuknya pun berupa dokumen.

“Pokir DPRD ini juga akan ditetapkan. Penetapannya bisa oleh paripurna atau pimpinan dewan,” paparnya.

Hadir dalam rapat lanjutan finalisasi Tatib DPRD Tulungagung yang berlangsung di Ruang Aspirasi Kantor DPRD Tulunaggung itu sejumlah anggota perancang Tatib Tulungagung. Di antaranya Supriyono SE MSi, Andri Santoso AMd Kep, Fendy Yuniar M SE, Widodo Prasetyo SP MMA, termasuk juga Wakil Ketua Perancang Tatib DPRD Tulungagung, Drs H Asmungi MSi.

TINGGALKAN PESAN