Finalisasi Pembahasan Raperda Pelayanan Pasar

4
88
Rapat finalisasi pembahasan Raperda tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan dan Pelayanan Pasar dipimpin oleh Fendy Yuniar M (depan paling kanan), Rabu (21/8)

DPRD TULUNGAGUNG – Panitia Khusus (Pansus) III DPRD Tulungagung akhirnya menyelesaikan pembahasan Raperda tentang Retribusi Pelayana Pasar yang kini sudah berubah menjadi Raperda tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan dan Pelayanan Pasar. Rapat finaliasi pembahasan raperda ini berlangsung di Ruang Aspirasi Kantor DPRD Tulungagung, Rabu (21/8).

Hadir dalam rapat pembahasan sejumlah anggota Pansus III  DPRD Tulungagung dan Ketua Pansus III DPRD Tulungagung, Fendy Yuniar M SE. Sedang dari Tim Asistensi Pembahas Raperda Pemkab Tulungagung yang hadir perwakilan dari OPD terkait, di antaranya dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tulungagung serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tulungagung.

Menurut Fendy Yuniar dengan digelarnya rapat finalisasi maka pembahasan Raperda tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan dan Pelayanan Pasar sudah usai. “Tinggal mengirim ke Pemprov Jatim untuk fasilitasi dan kemudian ditetapkan menjadi perda,” ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Pansus III DPRD Tulungagung, Heru Santoso SPd MPd, mengungkapkan sebelum dilakukan finalisasi Pemkab Tulungagung diminta untuk merasionalisasi retribusi pasar agar pendapatan dan pengeluaran pasar  minimal dapat berimbang. Masalahnya selama ini penerimaan dari pasar tidak bisa menutupi biaya operasional pasar.

“Setiap tahun pendapatan pasar sekitar Rp 4 milair setahun. Sementara untuk operasional seperti pemeliharaan dan sebagianya mencapai Rp 5 miliar pertahun. Ini kan namanya nomboki,” paparnya.

Karena itu, menurut Heru Santoso, saat ini perlu adanya rasionalisasi retribusi pasar. Apalagi sudah tujuh tahun besaran retribusi belum berubah. “Perlu ada penyesuaian tarif retribusi, seperti pada jenis pelayanan kios,los dan juga pada pengelola MCK di pasar,” terangnya.

4 COMMENTS

  1. I keep listening to the news update speak about receiving boundless online grant applications so I have been looking around for the most excellent site to get one. Could you tell me please, where could i get some?

  2. There are some attention-grabbing deadlines in this article however I don’t know if I see all of them center to heart. There may be some validity but I’ll take hold opinion until I look into it further. Good article , thanks and we would like more! Added to FeedBurner as properly

TINGGALKAN PESAN