Pemkab Tulungagung Diminta Terus Dukung Koperasi

0
81
Supriyono menyerahkan hadiah pada salah satu perwakilan koperasi di upacara peringatan Hari Koperasi ke-72 di halaman Kantor Bupati Tulungagung, Selasa (30/7).

DPRD TULUNGAGUNG – Ketua DPRD Tulungagung, Supriyono SE MSi, meminta Pemkab setempat untuk terus mendukung keberadaan koperasi yang menjadi salah satu soko guru perekonomian bangsa. Apalagi saat ini keberadaan koperasi sudah menginjak usia yang ke-72 tahun.

“Koperasi sejak 72 tahun lalu memegang peranan strategis di NKRI. Karena itu, perlu peran dari pemerintah untuk selalu men-support keberadaan koperasi tersebut,” ujarnya, seusai upacara memperingati Hari Koperasi Ke-72 di halaman Kantor Bupati Tulungagung, Selasa (30/7).

Menurut Supriyono, bentuk dukungan pemerintah pada koperasi itu juga bisa diimplementasikan dengan tidak serta-merta menutup keberadaan koperasi yang dianggap kurang berhasil. Harus ada bantuan dan uluran tangan dari pemerintah agar koperasi tersebut dapat kembali beroperasi dengan normal.

“Sebisa mungkin jangan lantas mencabut izinnya atau ditutup. Pemerintah masih bisa berperan melakukan pembinaan dengan men-support  manajemennya atau dengan menguatkan unsur permodalannya,” paparnya.

Namun demikian, lanjut dia, jika memang ada koperasi yang memang sudah tidak bisa lagi diberi dukungan atau pembinaan, pemerintah dapat melakukan penutupan. “Kalau memang tidak bisa ya harus dirasionalisasi. Artinya layak dihapus,” tandasnya.

Lebih lanjut politisi asal PDI Perjuangan ini mengatakan di hari jadi Koperasi yang ke-72, sebagai pimpinan DPRD Tulungagung, ia pun mengucapkan selamat dan sukses untuk koperasi di Tulungagung dan seluruh Indonesia yang telah berperan dalam penguatan pertumbuhan ekonomi. “Selamat dan sukses pada seluruh insan koperasi dalam memperingati Hari Koperasi yang ke-72,” ucapnya.

 

TINGGALKAN PESAN