Pansus II Bahas Raperda Pemotongan Hewan Ternak dan Pemeriksaan Daging

0
90
Pansus II DPRD Tulungagung melakukan pembahasan Raperda tentang Pemotongan Hewan Ternak dan Pemeriksaan Daging bersama Tim Asistensi Pembahas Raperda Pemkab Tulungagung, Senin (22/7)

DPRD TULUNGAGUNG – Setelah melakukan pembahasan di internal, Panitia Khusus (Pansus) II DPRD Tulungagung menggelar rapat pembahasan Raperda tentang Pemotongan Hewan Ternak dan Pemeriksaan Daging bersama Tim Asistensi Pembahas Raperda Pemkab Tulungagung, Senin (22/7). Pembahasan berlangsung di Ruang Aspirasi Kantor DPRD Tulungagung.

Hadir dalam rapat pembahasan ini sejumlah anggota Pansus II DPRD Tulungagung. Selain juga Ketua Pansus II DPRD Tulungagung, Agung Darmanto.

Sedang dari Tim Asistensi Pembahas Raperda Pemkab Tulungagung yang  hadir di antaranya Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Tulungagung, Ir Tatik Andayani dan perwakilan dari OPD lingkup Pemkab Tulungagung terkait. Mereka dipimpin oleh Plt Asisten II Sekab Tulungagung, Ir Tatang Suhartono MSi.

Menurut Agung Darmanto, dalam pembahasan Raperda tentang Pemotongan Hewan Ternak dan Pemeriksaan Daging akan lebih difokuskan pada pemberian pelayanan kepada masyakarat untuk memperoleh daging yang aman, sehat, utuh dan halal untuk dikonsumsi. “Karena itu perlu pengaturan pemotongan hewan ternak dan pemeriksaan daging,” katanya.

Ia berharap nantinya tidak ada lagi daging-daging yang masuk pasar Tulungagung tanpa dipotong di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Kabupaten Tulungagung. Seperti yang terjadi di Kecamatan Bandung.  “Di Bandung RPH hanya memotong satu ekor sapi setiap harinya. Lalu (daging) yang lainnya kabarnya ada yang dipasok dari kediri,” paparnya.

Sementara itu, Tatang Suhartono dalam rapat pembahasan meminta pada PansusII  untuk memberi waktu pada Tim Asistensi Pembahas Raperda Pemkab Tulungagung secara intern membahas raperda tersebut dengan lebih intensif sebelum dilakukan pembahasan lebih lanjut. Ia pun berharap nantinya setelah adanya Perda tentang Pemotongan Hewan Ternak dan Pemeriksaan Daging, RPH di Tulungagung dapat beroperasi secara maksimal dan berfasilitas lengkap. Seperti di antaranya menyediakan cold storage.

TINGGALKAN PESAN