Kunjungan Studi Banding Sekretariat DPRD Karanganyar

0
58
Susilowati (tengah depan) saat menerima kedatangan Setwan Kabupaten Karanganyar di Ruang Bapemperda Kantir DPRD Tulungagung, Rabu (26/6).

DPRD TULUNGAGUNG – Kantor DPRD Tulungagung kembali kedatangan tamu. Kali ini, Rabu (26/6),  yang datang berkunjung adalah Sekretariat DPRD (Setwan) Kabupaten Karanganyar.

Sekretariat DPRD KaranganyarMereka melakukan studi banding terkait pelayanan tugas Sekretariat DPRD dalam penyusunan rancangan perda inisiatif. Selain juga tentang pelaksanaan reses dan pengelolaan kebersihan kantor DPRD.

Kedatangan rombongan Setwan Kabupaten Karanganyar ini diterima oleh Kepala Sub Bagian Humas dan Protokol Setwan Tulungagung, Susilowati SSos, di Ruang Bapemperda Kantor DPRD Tulungagung.

Susilowati menjelaskan penyusunan raperda inisiatif di DPRD Tulungagung dilakukan masing-masing komisi sebanyak satu raperda dalam satu masa sidang. “Jadi dalam satu tahun raperda inisiatif DPRD Tulungagung ada 12 raperda. Tetapi, dari 12 raperda itu bisa saja ada yang tidak ditetapkan menjadi perda karena saat tahapannya dibatalkan,” ujarnya.

Terkait dengan reses, Susilowati mengungkapkan dilaksanakan tiga kali dalam setahun dengan jadwal tujuh hari. Masing-masing anggota DPRD Tulungagung melaksanakan satu kali dengan konstituen sebanyak 150 orang undangan di setiap dapil dan nantinya harus dilaporkan pada pimpinan dewan dalam rapat paripurna.

“Pokok-pokok pikiran reses merupakan salah satu unsur dalam penyusunan APBD. Dan untuk masa sidang terakhir reses ditiadakan,” tuturnya.

Sedang soal pengelolaan kebersihan kantor, perempuan berjilbab ini mengatakan DPRD Tulungagung menggunakan pihak ketiga. Yakni, jasa cleaning service.

TINGGALKAN PESAN