Kirim Surat Usulan Wabup Jadi Bupati Ke Gubernur Jatim

0
169
Budi Fatahillah Mansyur

DPRD TULUNGAGUNG – Menindaklajuti rapat paripurna DPRD Tulungagung pada Jumat (31/5) lalu, DPRD Tulungagung mengirim surat risalah rapat paripurna pengusulan Wakil Bupati (Wabup) Tulungagung, Drs Maryoto Birowo MM, menjadi Bupati Tulungagung pada Gubernur Jawa Timur, Selasa (11/6). Surat risalah ini selanjutnya akan dikirim oleh Gubernur ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Sekretaris DPRD Tulungagung, Drs Budi Fatahillah Mansyur MSi, mengungkapkan pengiriman surat risalah rapat paripurna pengusulan Wabup Maryoto Birowo menjadi Bupati Tulungagung sisa masa jabatan tahun 2018 – 2023 dilakukan langsung oleh dirinya. “Hari ini (Selasa, 11/6) kami berangkat ke Surabaya. Suratnya kami berikan ke Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Provinsi Jatim,” ujarnya.

Menurut dia, surat usulan pengangkatan Wabup Tulungagung menjadi Bupati Tulungagung sisa masa jabatan tahun 2018 – 2023 ditujukan pada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Jawa Timur.

Mengenai batas waktu pengiriman surat, Budi Fatahillah Mansyur menyatakan masih dalam batas yang ditentukan oleh aturan perundangan yang ada dan berlaku saat ini. “Waktu paling lambat mengirim surat usulan tersebut pada Rabu (12/6) besok. Jadi kami masih dalam batas waktu yang ditentukan karena mengirim pada Selasa (11/6),” paparnya.

Seperti diketahui, DPRD Tulungagung menyetujui usulan pengangkatan Wabup Tulungagung menjadi Bupati Tulungagung sisa masa jabatan tahun 2018 – 2023 dalam rapat paripurna yang berlangsung pada Jumat (31/5) lalu. Selain beragendakan pengusulan Wabup Tulungagung menjadi Bupati Tulungagung dalam rapat paripurna pada akhir bulan kemarin itu juga diumumkan pemberhentian Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo SE MSi.

Ketua DPRD Tulungagung, Supriyono SE MSi, mengungkapkan pemberhentian Bupati Syahri Mulyo SE MSi, berdasar Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.35 – 1077 Tahun 2019 tentang Pemberhentian Bupati Tulungagung Provinsi Jawa Timur. SK tertanggal 3 Mei 2019.

TINGGALKAN PESAN