Paripurna Usulan Pengangkatan Wabup Menjadi Bupati Tulungagung

0
131
Supriyono membacakan pengumuman pemberhentian Bupati Tulungagung dan usulan pengangkatan Wakil Bupati (Wabup) Tulungagung menjadi Bupati Tulungagung dalam rapat paripurna DPRD Tulungagung, Jumat (31/5) siang.

DPRD TULUNGAGUNG – DPRD Tulungagung, Jumat (31/5), siang menggelar rapat paripurna dengan agenda pengumuman pemberhentian Bupati Tulungagung dan usulan pengangkatan Wakil Bupati (Wabup) Tulungagung menjadi Bupati Tulungagung sisa masa jabatan tahun 2018 – 2023. Rapat paripurna berlangsung di Ruang Graha Wicaksana lantai II Kantor DPRD Tulungagung.

Hadir dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Tulungagung, Supriyono SE MSi, ini pimpinan DPRD Tulungagung lainnya dan Wakil Bupati Tulungagung yang juga Plt Bupati Tulungagung, Drs Maryoto Birowo MM. Selain Sekda Tulungagung, Ir Indra Fauzi MM serta para kepala OPD lingkup Pemkab Tulungagung.

Dalam sidang paripurna, Supriyono mengungkapkan pemberhentian Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo SE MSi, berdasar Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.35 – 1077 Tahun 2019 tentang Pemberhentian Bupati Tulungagung Provinsi Jawa Timur. SK tertanggal 3 Mei 2019.

Selanjutnya Supriyono menyatakan, dengan pemberhentian Bupati Tulungagung tersebut, DPRD Tulungagung mengusulkan pengangkatan dan pengesahan Wabup Maryoto Birowo untuk diangkat menjadi Bupati Tulungagung serta usulan pemberhentian Maryoto Birowo sebagai Wabup Tulungagung masa jabatan 2018 – 2023.

“Usulan pemberhentian Maryoto Birowo sebagai Wabup karena tidak boleh ada rangkap jabatan ketika menjabat sebagai Bupati Tulungagung,” ujarnya.

Semua anggota DPRD Tulungagung yang hadir dalam rapat paripurna menyepakati dan menyetujui pengusulan pengangkatan dan pengesahan Wabup Maryoto Birowo untuk diangkat menjadi Bupati Tulungagung serta usulan pemberhentian Maryoto Birowo sebagai Wabup Tulungagung. Mereka menyetujui rancangan surat keputusan (SK) tersebut yang dibacakan oleh Sekretaris DPRD Tulungagung, Drs Budi Fatahillah Mansyur MSi.

Selain itu, dalam rapat paripurna juga dibacakan perubahan  Propemperda Tahun 2019. Perubahan program pembuatan perda ini disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Tulungagung, Agus Budoarto SE AK.

Menanggapi usulan pengangkatannya sebagai Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo seusai rapat paripurna menyatakan dirinya akan menunggu proses yang akan berlangsung setelah rapat paripurna DPRD Tulungagung. “Nanti hasil rapat paripurna akan dikirim ke Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Jatim,” katanya.

Maryoto belum bisa memastikan kapan Mendagri akan membuat SK terkait pengangkatannya sebagai Bupati Tulungagung sisa masa jabatan tahun 2018 – 2023. Apalagi saat ini sudah memasuki libur panjang lebaran.

TINGGALKAN PESAN