Bamus Pastikan Paripurna Pemberhentian Bupati Pekan Depan

0
193
Rapat Bamus dilakukan di Ruang Aspirasi Kantor DPRD Tulungagung, Kamis (23/5) siang.

DPRD TULUNGAGUNG – Menindaklanjuti penerimaan petikan surat keputusan (SK) pemberhentian Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo SE MSi, pimpinan dan anggota Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Tulungagung melakukan rapat di Ruang Aspirasi Kantor DPRD Tulungagung, Kamis (23/5). Rapat untuk menentukan jadwal rapat paripurna dewan dengan agenda  pemberhentian Bupati Syahri Mulyo dan pengusulan pengangkatan Wakil Bupati (Wabup) Tulungagung, Drs Maryoto Birowo MM sebagai Bupati Tulungagung.

Wakil Ketua DPRD Tulungagung, Adib Makarim MH, seusai rapat Bamus mengungkapkan sudah ada keputusan dari rapat Bamus untuk melaksanakan rapat paripurna tersebut pada pekan depan. “Pelaksanaan rapat paripurna dewan ini sesuai aturan dalam perundang-undangan yakni UU No. 10 Tahun 2016 dan UU No. 23 Tahun 2014,” ujarnya.

Bahkan lanjut dia, DPRD Tulungagung hanya punya tenggat waktu selama 10 hari dari penerimaan petikan SK pemberhentian Bupati Syahri Mulyo untuk menyelenggarakan rapat paripurna. Untuk diketahui, Pemkab Tulungagung telah mengirim petikan SK pemberhentian Bupati Syahri Mulyo dari Kementerian Dalam Negeri ke DPRD Tulungagung pada Rabu (22/5) kemarin.

“Jadi pelaksanaan rapat paripurna pada minggu depan masih dalam batas 10 hari itu,” tuturnya.

Selanjutnya, ia memaparkan dalam rapat paripurna pekan depan, selain beragenda pemberhentian Bupati Syahri Mulyo juga pengusulan Wabup Maryoto Birowo untuk diangkat sebagai Bupati Tulungagung. “Status Wabup yang saat ini sebagai Plt Bupati Tulungagung diusulkan menjadi bupati meneruskan sisa jabatan yang ada,” beber Adib Makarim.

Politisi asal PKB ini mengungkapkan pula seusai rapat paripurna, DPRD Tulungagung akan menyampaikan usulan Wabup Tulungagung untuk diangkat sebagai Bupati Tulungagung pada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Jatim. “Dan setelah itu nantinya Wabup akan dilantik sebagai Bupati Tulungagung definitif oleh Gubernur,” tuturnya.

TINGGALKAN PESAN