Komisi A Tuntas Susun NA Raperda Bersama Pakar UB Malang

0
52
Pimpinan dan anggota Komisi A DPRD Tulungagung berfoto bersama pakar dari UB Malang usai menyelesakan penyusunan NA Raperda tentang Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan Desa/Kelurahan, Sabtu (11/5).

DPRD TULUNGAGUNG – Seperti direncanakan, Komisi A DPRD Tulungagung dapat menyelesaikan penyusunan naskah akademik (NA) dan draf Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan Desa/Kelurahan bersama pakar dari Universitas Brawijaya (UB) Malang, Sabtu (11/5).

Penyusunan NA Raperda tentang Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan Desa/Kelurahan yang dilakukan pimpinan dan anggota Komisi A DPRD Tulungagung bersama para pakar dari UB Malang masing-masing Azna Abrory Wardana SH MH dari Vokasi UB, Imron Rojuli SE MS dari FISIP UB serta Iwan Permadi SH Mhum dari FH UB tersebut berlangsung sejak Jumat (10/5) lalu.

Menurut Kasubag Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Tulungagung, Susilowati SSos, yang mendapingi Komisi A DPRD Tulungagung, hasil dari penyusunan naskah akademik Raperda tentang Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan Desa/Kelurahan, di antaranya mengatur ketentuan tentang gerakan pemberdayaan lembaga kemasyarakatan yang konkrit. Seperti kegiatan yang dibutuhkan masyakarat.

“Setiap kegiatan ada pertanggungjawaban dari anggaran yang digunakan. Kalau dari APBD kepada bupati. Sedang kalau dari APBDes pertanggungjawaban pada kepala desa,” ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, aturan terkait lembaga kemasyarakatan desa diatur terpisah dengan lembaga kemasyarakatan kelaurahan, seperti yang diutarakan oleh Ketua Komisi A DPRD Tulungagung, Drs H Mashud, Jumat (10/5).

 

TINGGALKAN PESAN