Susun NA Raperda Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan Desa/Kelurahan

0
101
Pimpinan dan anggota Komisi A DPRD Tulungagung saat melakukan penyusunan NA Raperda tentang Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan Desa/Kelurahan bersama pakar UB Malang, Jumat (10/5).

DPRD TULUNGAGUNG – Komisi A DPRD Tulungagung melakukan penyusunan naskah akademik (NA) dan draf Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan Desa/Kelurahan. Penyusunan NA ini berlangsung di Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jumat (10/5).

Seluruh pimpinan dan anggota Komisi A DPRD Tulungagung hadir dalam penyusunan NA Reperda tentang Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan Desa/Kelurahan bersama para pakar dari UB Malang tersebut. Termasuk Wakil Ketua DPRD Tulungagung Koordinator Komisi A, Imam Kambali SE MSi dan Ketua Komisi A DPRD Tulungagung, Drs H Mashud.

Sedang dari tim pakar UB Malang yang tampil sebagai narasumber masing-masing adalah Azna Abrory Wardana SH MH dari Vokasi UB, Imron Rojuli SE MS dari FISIP UB serta Iwan Permadi SH Mhum dari FH UB.

Menurut Mashud, penyusunan Raperda tentang Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan Desa/Kelurahan sangat diperlukan untuk pemberdayaan masyarakat. “Karena ada desa dan kelurahan maka untuk perdanya dibuatkan untuk desa dan kelurahan. Dua-duanya (desa dan kelurahan) masuk dalam perda,” ujarnya.

Dalam Raperda tentang tentang Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan Desa/Kelurahan, lanjut Mashud akan dibahas beberapa item tentang pemberdayaan lembaga kemasyarakatan di desa dan kelurahan. Di antaranya terkait pemberdayaan karangtaruna melalui bimtek dan studi banding.

Rencananya, penyusunan NA dan draf Raperda tentang Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan Desa/Kelurahan bersama pakar dari UB Malang ini akan berlangsung selama dua hari. Yakni hari ini, Jumat (10/5) dan Sabtu (11/5).

TINGGALKAN PESAN