Proses Surat Inkracht Bupati non aktif Syahri Mulyo

0
410
Supriyono

DPRD TULUNGAGUNG –   DPRD Tulungagung tengah memproses surat pemberitahuan tentang putusan berkekuatan hukum tetap (incracht) Bupati Tulungagung non aktif, Syahri Mulyo SE MSi, yang telah dilayangkan Pemkab Tulungagung. Rencananya, dalam waktu dekat DPRD Tulungagung akan menggelar rapat paripurna yang mengagendakan usulan pengangkatan Plt Bupati Tulungagung yang juga Wakil Bupati Tulungagung, Drs Maryoto Birowo MM, sebagai Bupati Tulungagung definitif.

Demikian diungkapkan Ketua DPRD Tulungagung, Supriyono SE MSi, Senin (1/4). “DPRD Tulungagug sudah menerima surat pemberitahuan tentang putusan incracht Syahri Mulyo. Kalau tidak salah kami menerima itu tanggal 26 Maret 2019,” ujarnya.

Selanjutnya, menurut dia, sesuai ketentuan yang ada maka DPRD Tulungagung akan menggelar rapat paripurna DPRD yang agendanya adalah pemberhentian bupati non aktif dan pengusulan wakil bupati sebagai pengganti bupati pada mendagri melalui gubernur. “Mengenai waktu rapat paripurna DPRD tersebut maksimal 10 hari kerja dari sejak diterima surat pemberitahuan dari Pemkab Tulungagung,” terangnya.

Supriyono memperkirakan rapat paripurna DPRD Tulungagung untuk pemberhentian Bupati non aktif Syahri Mulyo dan pengusulan Maryoto Birowo sebagai Bupati Tulungagung akan digelar pada Senin (8/4) mendatang. Apalagi, Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Tulungagung baru-baru ini juga sudah melakukan rapat dan menyepakati jadwal untuk rapat paripurna tersebut pada awal pekan depan.

“Jika dilaksanakan tanggal 8 April 2019 masih memenuhi interval waktu yang ditentukan. Belum melewati 10 hari kerja setelah menerima surat pemberitahuan. Kalau sampai tidak dilaksanakan (rapat paripurna) dalam waktu 10 hari bisa diambil alih oleh Gubernur Jatim,” paparnya.

 

TINGGALKAN PESAN