Ajak Forkom UMKM Percepat Pertumbuhan Ekonomi

0
82
Supriyono saat memberi sambutan di kegiatan pembinaan dan penguatan forum komunikasi usaha mikro kecil menengah Kabupaten Tulungagung tahun 2019 di Hotel Crown Victoria, Kota Tulungagung, Senin (1/4).

DPRD TULUNGAGUNG – Ketua DPRD Tulungagung, Supriyono SE MSi, mengajak seluruh anggota Forum Komunikasi (Forkom) Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Tulungagung untuk bersama-sama melakukan upaya peningkatan percepatan pertumbuhan ekonomi Tulungagung.

Ajakan ini disampaikan Supriyono di sela acara kegiatan pembinaan dan penguatan forum komunikasi usaha mikro kecil menengah Kabupaten Tulungagung tahun 2019 yang diselenggarakan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Tulungagung di Hotel Crown Victoria, Kota Tulungagung, Senin (1/4).  “Para pelaku usaha UMKM, travel agen, pelaku pariwisata, pusat oleh-oleh  dan souvenir kami ajak berdialog yang semangatnya mensinkronkan semua pihak itu menjadi satu kesatuan gerak untuk percepatan pertumbuhan ekonomi di Tulungagung,” ujarnya.

Menurut Supriyono, potensi Tulungagung untuk dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi sangat besar. Terlebih dengan melimpahnya produk lokal dan ditunjang juga banyaknya obyek wisata di Kabupaten Tulungagung.

“Saat ini sudah perlu disiapkan pusat-pusat souvenir, kuliner dan penginapan dari berbagai kelas, utamanya di kelas home stay. Peluang ini semua sudah harus ditangkap oleh pelaku usaha UMKM, termasuk pelaku usaha jasa travel,” paparnya.

Ia yakin jika semua peluang dapat diberdayagunakan oleh semua pelaku UMKM, pertumbuhan ekonomi di Tulungagung tidak hanya dapat melaju cepat tetapi bisa sampai melompat. Apalagi, lanjut Supriyono, Kabupaten Tulungagung disebutnya sebagai kawasan segitiga emas.

“Daerah Tulungagung mempunyai potensi besar untuk menggaet wisatawan dari tiga daerah. Yakni dari wilayah timur Blitar dan Malang selatan, utara dari Kediri dan Nganjuk, kemudian barat dari Trenggalek, Ponorogo dan Pacitan. Mereka yang dari timur, utara, dan barat akan ke Tulungagung karena ingin menikmati pariwisata sembari berbelanja. Saat ini saja dengan JLS yang belum sepenuhnya terhubung di Tulungagung sudah tumbuh banyak objek wisata yang ditunjang dengan keberadaan hotel yang memadai,” paparnya.

Dan yang lebih meyakinkan pertumbuhan ekonomi Tulungagung akan berkembang semakin pesat, tambah Supriyono, karena adanya rencana pembangunan jalan tol dari Kertosono ke Tulungagung seperti yang dikatakan Presiden RI, Ir Joko Widodo. Selain pembangunan bandar udara di Kediri yang rencananya rampung pada tahun 2020 mendatang.

“Jadi peluang-peluang ini harus sudah mulai ditangkap dan semua pelaku UMKM, ekonomi kreatif dan home industri di Tulungagung mempunyai peluang sama,” tuturnya.

TINGGALKAN PESAN