Pansus IV Mulai Bahas Raperda Jasa Konstruksi

0
174
Suprapto memimpin rapat pembahasan Raperda tentang Jasa Konstruksi di Ruang Graha Wicaksa Kantor DPRD Tulungagung, Jumat (21/12).

DPRD TULUNGAGUNG – Panitia Khusus (Pansus) IV DPRD Tulungagung mulai membahas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Jasa Konstruksi. Pembahasan berlangsung di Ruang Graha Wicaksana lantai II Kantor DPRD Tulungagung, Jumat (21/12).

Hadir dalam rapat pembahasan perdana ini Ketua Pansus IV DPRD Tulungagung, Suprapto SPT MMA. Ia sekaligus memimpin jalannya rapat pembahasan.

Sedang dari Tim Asistensi Pembahas Raperda Pemkab Tulungagung, hadir sejumlah perwakilan dari OPD terkait. Mereka dipimpin Asisten II Sekda Tulungagung, Drs Mohammad Mafachir MM.

Menurut Suprapto, ada empat hal pokok yang akan dibahas dalam Raperda tentang Jasa Konstruksi. Yakni pelatihan tenaga terampil, sistem informasi jasa konstruksi , penerbitan izin usaha jasa konstruksi dan pengawasan.

“Keempat hal pokok itu merupakan kewenangan kabupaten dan sesuai UU No. 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi,” paparnya.

Sejauh ini, lanjut politisi asal PDI Perjuangan tersebut, di Kabupaten Tulungagung masih kurang tenaga konstruksi yang bersertifikasi. Bahkan bisa dikata tidak lebih dari 10 persen saja. “Dan itu tidak terjadi di Tulungagung saja, tetapi juga di seluruh Indonesia,” terangnya.

Sesuai rencana, Pansus IV DPRD Tulungagung akan merampungkan pembahasan Raperda tentang Jasa Konstruksi pada akhir bulan Desember ini. “Jadi akhir tahun 2018 sudah masuk finalisasi,” pungkas Suprapto.

TINGGALKAN PESAN