Kunker Komisi A ke Pemkab Maros

5012
172148
Rombongan Komisi A DPRD Tulungagung saat diterima Burhanudin di Ruang Rapat Wakil Bupati Maros, Rabu (19/12).

DPRD TULUNGAGUNG – Pimpinan dan anggota Komisi A DPRD Tulungagung melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Pemkab Maros Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Rabu (19/12). Kunker ini dalam rangka studi banding tentang masalah kependudukan.

Rombongan anggota Komisi A DPRD Tulungagung yang dipimpin Ketua Komisi A DPRD Tulungagung, Drs H Mashud, ini diterima oleh Asisten I Pemkab Maros, Ir H Burhanudin MM, di Ruang Rapat Wakil Bupati Maros.

Menurut H Mashud, ada beberapa masalah kependudukan yang ditanyakan anggota Komisi A DPRD Tulungagung pada Burhanudin. Utamanya tentang kesiapan dalam pelayanan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) jelang Pemilu 2019 yang dilaksanakan pada Rabu tanggal 17 April 2019.

“Dari jumlah penduduk 400 ribuan jiwa di Kabupaten Maros mereka masih punya stok blangko KTP-el sebanyak 21 ribu. Sedang di Tulungagung dengan jumlah penduduk sekitar 1,2 juta jiwa hanya punya stok blanko KTP-el sebanyak 500 saja,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Mashud, Komisi A DPRD Tulungagung juga menanyakan tentang masalah percepatan pelayanan administrasi kependudukan, layanan online untuk pengurusan akte kelahiran dan kartu identitas anak (KIA).

Menanggapi pertanyaan dari Komisi A DPRD Tulungagung, Burhanudin mengungkapkan Pemkab Maros sudah melakukan berbagai upaya dalam kesiapan pelayanan KTP-el bagi masyarakat setempat jelang Pemilu 2019. “Seperti dengan melakukan perekaman KTP-el ke kecamatan, desa dan sekolah. Selain juga mengunjungi orang yang sedang sakit,” tuturnya.

Burhanudin juga memaparkan Pemkab Maros dalam kepengurusan dokumen kependudukan telah melakukan pelayanan paket tree in one. Artinya sekali mengurus dokumen mendapat beberapa dokumen lainnya.