Perlu Dibuat Aplikasi e-Pokir

0
32
Suprapto

DPRD TULUNGAGUNG – Anggota Komisi D DPRD Tulungagung, Suprapto SPt MMA, menyatakan sudah waktunya DPRD Tulungagung membuat aplikasi e-Pokir (Pokok-Pokok Pikiran elektronik). Aplikasi ini berguna meminimalisir terjadinya penyimpangan, utamanya dalam sistem perencanaan penganggaran.

“Pembuatan e-Pokir juga untuk memenuhi fungsi representasi anggota DPRD dalam rangka menampung dan menindaklanjuti aspirasi konstituen,” ujarnya, Jumat (30/11).

Suprapto yang juga anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Tulungagung ini menyatakan pembuatan e-Pokir akan semakin efektif dan berdayaguna jika diintegrasikan dengan e-Planing yang ada di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tulungagung. “Sudah saatnya memang membuat e-Pokir agar hasilnya dapat segera pula dirasakan,” tandasnya.

Aplikasi e-Pokir jika terwujud jelas Suprapto, nantinya akan diinput atau diisi oleh masing-masing anggota dewan sebagai penyampaian aspirasi dari masyakarat secara online untuk kemudian ditindaklanjuti Badan Anggaran (Banggar) dan diajukan kepada eksekutif dalam perencanaan APBD. “Dengan penerapan e-Pokir nantinya setiap anggota dewan juga mempunyai password untuk masuk dalam e-Pokir ini,” terangnya.

Sejauh ini menurut Suprapto belum ada anggaran untuk pembuatan e-Pokir tersebut. Namun demikian, jika memang Pemerintah Daerah Kabupaten Tulungagung berkomitmen untuk menetapkan e-governance dalam rangka mempercepat terlaksananya tata pemerintahan yang baik dan benar, maka seharusnya segera dianggarkan secara keseluruhan.

“Sehingga dalam waktu singkat sistem sudah bisa terintegrasi dan hasilnya bisa pula segera bisa dirasakan,” paparnya.

TINGGALKAN PESAN