Konsultasi Penyusunan Propemperda di Kemenkumham RI

0
63
Pimpinan dan anggota Bapemperda KDPRD Tulungagung saat diterima Yulianto Araya di Kantor Kemenkumham RI, Jumat (5/10).

DPRD TULUNGAGUNG – Badan Pembuat Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Tulungagung melakukan kunjungan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasai Manusia (Kemenkumham) RI di Jakarta, Jumat (5/10). Kunjungan dalam rangka konsultasi terkait peran Bapemperda dalam penyusunan program pembentukan Perda (Propemperda) sesuai dengan regulasi baru.

Hadir dalam kunjungan ke Kemkumham RI ini pimpinan dan anggota Bapemperda DPRD Tulungagung. Termasuk Ketua Bapemperda DPRD Tulungagung, Heru Santoso SPd MPd.

Kedatangan para wakil rakyat Tulungagung ini diterima oleh Kepala Subdit Fasilitasi Perancangan Perda Kemenkumham RI, Yulianto Araya SH MH. Ia pun memberika  penjelasan terkait penyusunan Propemperda sesuai dengan regulasi yang baru.

Heru Santoso memberikan cinderamata pada Yulianto Araya diakhir pertemuan.

Sesusai pertemuan, Heru Santoso menyatakan  banyak pertanyaan yang diajukan anggota Bapemperda DPRD Tulungagung pada Yulianto Araya. Di antaranya tentang Peraturan Gubernur (Pergub) Jatim Nomor 20 Tahun 2018 dan PP Nomor 12 tahun 2018 tentang pedoman penyusanan tata tertib DPRD.

“Banyak yang kami tanyakan. Seperti tentang Pergub Jatim Nomor 20 Tahun 2018 dan PP Nomor 12 tahun 2018 tentang pedoman penyusanan tata tertib DPRD yang menimbulkan banyak tafsir dan debatebel,” ujarnya.

Selanjutnya, Heru Santoso memaparkan adanya multitafsir dan debatebel tersebut karena banyak ranah kepentingan dan politis. “Karena itu persoalan ini akan dikoordinasikan pula dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),” tuturnya.

TINGGALKAN PESAN