Wisata Pinka Lembu Peteng Percepat Pertumbuhan Ekonomi

0
26
Supriyono berbincang dengan Jarianto disela acara peresmian wisata kuliner pinka Lembu Peteng, Selasa (31/7) malam.

DPRD TULUNGAGUNG – Ketua DPRD Tulungagung, Supriyono SE MSi, mengatakan peresmian kawasan Lembu Peteng sebagai kawasan wisata akan mempercepat pertumbuhan ekonomi. Disamping menciptakan lapangan kerja dan pada akhirnya juga mengurangi pengangguran.

“Bahkan sudah direncanakan di kawasan pinka ini akan pula untuk kegiatan bisnis digital yang melibatkan para remaja. Selain sebagai pusat pembelajaran kalangan muda dengan akses wifi,” ujarnya di sela peresmian wisata kuliner pinka Lembu Peteng oleh Pj Bupati Tulungagung, Dr Jarianto MSi, Selasa (31/7) malam.

Supriyono menyebut sudah pula ada komitmen anggaran dari Pemerintah Pusat untuk membangun kawasan Lembu Peteng tersebut menjadi kawasan wisata air dan kuliner di tengah Kota Tulungagung. Begitupun dari Pemprov Jatim dan Pemkab Tulungagung.

“Nanti di selatan akan dibuat bendung gerak. Sungai akan dibersihkan dan dibuat wisata air dengan perahu (bebek) kecil,” katanya.

Selain itu, lanjut Supriyono, di kawasan Lebu Peteng tersebut akan dibuat pula MCK yang memadai. Disamping pembuangan limbah komunal.

Dijelaskan Supriyono kawasan Lebu Peteng juga merupakan kawasan sejarah. Kawasan Lembu Peteng punya histori kisah Pangaren Lembu Peteng dari Kerajaan Majapahit yang kalah perang tanding melawan tokoh Tulungagung, Khasan Besari. Jasad Lembu Peteng kemudian dibuang di Sungai Ngrowo dan kawasan tersebut lantas dinamakan kawasan Lembu Peteng.

Sementara itu, Jarianto berharap kawasan pariwisata di Lembu Peteng dapat semakin dikembangkan. Apalagi sudah ada rencana untuk dibuat bendung gerak di Sungai Ngrowo dan sekaligus wisata air dengan fasilitas perahu kecil. “Jadi tidak semata kuliner saja nanti. Ada juga obyek wisata lain yang dikembangkan,” ucapnya.

Jarianto yang juga Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jatim ini berharap masyarakat Tulungagung dapat menjaga  kebersihan di kawasan Lembu Peteng. “Ini obyek wisata yang sangat menarik. Tolong jaga kondisinya dan jaga kebersihannya,” tuturnya.

Dalam peresmian wisata kuliner pinka Lembu Peteng dimeriahkan pula hiburan pagelaran wayang kulit. Tampil sebagai dalang adalah Ki Dalang Lenggang Pratitis dari Desa Gesikan Kecamatan Pakel.

TINGGALKAN PESAN