Bapemperda Kunjungi DPRD Kabupaten Badung

0
74
Heru Santoso dan I Nyoman Oka Widyanta saling memberikan cindera mata saat kunjungan Bapemperda DPRD Tulungagung ke DPRD Badung, Jumat (11/5).

DPRD TULUNGAGUNG – Pimpinan dan anggota Badan Pembuat Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Tulungagung, Jumat (11/5) melakukan kunjungan kerja ke DPRD Kabupaten Badung Provinsi Bali. Kunjungan dilakukan untuk memperdalam wawasan dalam peningkatan kapasitas penyusunan regulasi daerah.

Rombongan Bapemperda DPRD Tulungagung yang dipimpin Ketua Bapemperda DPRD Tulungagung, Heru Santoso SPd MPd, ini diterima oleh Ketua Bapemperda DPRD Kabupaten Badung, I Nyoman Oka Widyanta.

Menurut Heru Santoso kunjungan ke DPRD Kabupaten Badung untuk lebih mengetahui bagaimana peran Bapemperda DPRD Kabupaten Badung dalam menjaga kearifan lokal dan adat budaya dalam penyusunan rancangan peraturan daerah (raperda) inisiatif DPRD. “Yang terjadi selama ini terkadang adat budaya lokal yang sudah berjalan turun temurun tidak sesuai dengan perundangan yang ada,” ujarnya.

Oleh sebab itu, lanjut dia, diperlukan pengetahuan yang lebih luas bagi pimpinan dan anggota Bapemperda DPRD Tulungagung terkait hal tersebut. Salah satunya  dengan menimba ilmu dan pengalaman dari DPRD Kabupaten Badung  dimana selama ini Bali dikenal sebagai daerah yang masyarakatnya kuat dalam memegang aturan adat istiadat. “Ini sesuai amanah  UU No. 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Perundang-Undangan,” terangnya.

Selanjutnya, Heru Santoso menyebut peran Bapemperda sangat penting dalam melakukan sinkronisasi dan harmonisasi raperda, utamanya yang terkait dengan kearifan lokal dan adat istiadat. “Ini agar bisa menjembatani kepentingan kearifan lokal dan adat istiadat dengan peraturan yang ada,” tuturnya.

 

TINGGALKAN PESAN