Komisi C Sidak Puskesmas Untuk Akreditasi

0
55
Pimpinan dan anggota Komisi C DPRD Tulungagung berfoto bersama dengan karyawan dan tenaga medis Puskesmas Sumbergempol saat sidak, Rabu (18/4).

DPRD TULUNGAGUNG – Pimpinan dan anggota Komisi C DPRD Tulungagung, Rabu (18/4) melakukan sidak di empat Puskesmas yang akan menjalani akreditasi pada tahun 2018. Keempat Puskesmas itu masing-masing Puskesmas Sumbergempol, Puskesmas Bendilwungu, Puskesmas Kalidawir dan Puskesmas Balesono.

Anggota Komisi C DPRD Tulungagung, Heru Santoso SPd MPd, mengungkapkan sidak di empat Puskesmas tersebut merupakan implementasi pengawasan dari dewan terkait akreditasi yang akan dilakukan Kementerian Kesehatan RI pada 12 Puskesmas di Tulungagung. “Dari sidak yang kami lakukan hasilnya secara umum sudah bagus. Artinya,Puskesmas itu sudah berjalan dan siap menghadapi akreditasi dari Kementerian Kesehatan RI,” ujarnya.

Ia pun berharap nantinya semua Puskesmas yang telah terakreditasi dapat memberi pelayanan kesehatan dengan lebih prima. “Khusus untuk Puskesmas Sumbergempol kami sudah sepakat untuk ditingkatkan dari rawat jalan menjadi rawat inap dan pembangunan UGD,” tutur Heru Santoso.

Begitupun yang dikatakan Sekretaris Komisi C DPRD Tulungagung, Fendy Yuniar M SE. Dia menyatakan semua puskesmas yang akan diakreditasi sudah siap.  “Mungkin kekurangannya hanya pada ruang UGD, seperti di Puskesmas Bendilwungu,” bebernya.

Komisi C DPRD Tulungagung berharap pula nantinya semua kekurangan di Puskesmas akan dapat teratasi dengan mengajukan DAK ke Pemerintah Pusat dan APBD Kabupaten secara bertahap. Termasuk pengadaan sumber daya manusia-nya seperti dokter dan tenaga kesehatan agar Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung menyampaikan pada BKD Kabupaten Tulungagung dan KemenPAN dan RB.

TINGGALKAN PESAN