Siswa MTsN 2 Tulungagung Kunjungi Dewan

0
63
Susilowati didampingi Zaenal saat memberikan penjelasan pada siswa-siswi MTsN 2 Tulungagung terkait fungsi dan tugas pokok anggota DPRD Tulungagung, Selasa (3/4).

DPRD TULUNGAGUNG – Puluhan siswa-siswi MTsN 2 Tulungagung, Selasa (3/4), melakukan kunjungan ke Kantor DPRD Tulungagung. Kedatangan mereka untuk melakukan studi lapangan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).

Kasubag Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Tulungagung, Susilowati SSos, menerima kedatangan siswa-siswi  MTsN 2 Tulungagung yang didampingi sejumlah guru pembimbing tersebut di Ruang Rapat Paripurna Graha Wicaksana lantai II Kantor DPRD Tulungagung.

Saat memberikan paparannya dihadapan siswa MTsN 2 Tulungagung,  Susilowati menjelaskan dengan gamblang keberadaan DPRD Tulungagung dalam pemerintahan daerah di Tulungagung . Utamanya, terkait tugas dan fungsi anggota dewan.

“DPRD itu punya tiga fungsi. Yakni fungsi penganggaran (budgeting), pembentukan peraturan daerah (perda) dan pengawasan,” ujarnya.

Di DPRD Tulungagung, menurut Susilowati, beranggotakan 50 anggota dewan karena jumlah penduduk Kabupaten Tulungagung mencapai lebih dari 1 juta jiwa. “Di DPRD Tulungagung juga didukung adanya alat kelengkapan dewan. Yakni Badan Anggran, Badan Musyawarah, Badan Pembuat Perda dan Badan Kehormatan,” terangnya.

Selain itu, Susilowati menerangkan tentang pimpinan DPRD Tulungagung saat ini yang terdiri dari Ketua DPRD Tulungagung yang dijabat oleh Supriyono SE MSi dari Fraksi PDI Perjuangan, kemudian Wakil Ketua DPRD Tulungagung, Agus Budiarto SE AK dari Fraksi Gerindra, Wakil Ketua DPRD Tulungagung, Adib Makarim MH dari Fraksi PKB dan Wakil Ketua DPRD Tulungagung, Imam Kambali SE MSi dari Fraksi Hanura.

Guru pembimbing NTsN 2 Tulungagung, Zaenal, mengaku senang dengan diterimanya siswa-siswinya saat berkunjung ke Kantor DPRD Tulungagung. Ia menyebut selama ini siswa-siswi MTsN 2 Tulungagung hanya dapat membayangkan saja terkait keberadaan DPRD Tulungagung.

“Sekarang tidak lagi. Mereka mengetahui sebenarnya tentang DPRD Tulungagung. Termasuk ruang rapat paripurna ini yang biasa digunakan untuk rapat intern nggota dewan atau rapat bersama bupati untuk mengambil kebijakan untuk Tulungagung,” paparnya.

TINGGALKAN PESAN