Dukung Penuh Pembangunan Tol Tulungagung – Kertosono

0
874
Supriyono berbincang dengan Indra Fauzi saat menghadiri acara Musrenbang Kabupaten Tulungagung 2018 di Hotel Crown Victoria Kota Tulungagung, Senin (19/3).

DPRD TULUNGAGUNG – Upaya Pemkab Tulungagung yang penuh semangat mengusulkan pembangunan tol sirip Tulungagung – Kertosono mendapat dukungan penuh dari DPRD Tulungagung. Ketua DPRD Tulungagung, Supriyono SE MSi, menyatakan jika memang nantinya bandara di selatan Jatim jadi direalisasi di Kediri, maka diperlukan pembangunan jalan tol yang menghubungkan JLS menuju bandara dan kemudian terhubung dengan jalan tol di Kertosono.

“Kami dari DPRD Tulungagung juga telah menyampaikan pada Menteri Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, terkait hal itu. Jika bandara (dibangun) di Kediri maka nanti dari Kediri ke Tulungagung dibuat tol yang terhubung dengan JLS,” katanya seusai menghadiri Musrenbang Kabupaten Tulungagung Tahun 2018 Dalam Rangka Penyusuna n RKPD Tahun 2019 di Hotel Crown Victoria Kota Tulungagung, Senin (19/3).

Pembangunan tol tersebut, lanjut Supriyono, akan membuat masyarakat di wilayah selatan Jatim dari Pacitan sampai Malang akan dimudahkan ketika akan mengakses bandara di Kediri yang juga terhubung dengan tol di Ketosono. “Kami yakin dengan Pemkab Tulungagung yang penuh semangat ini pembuatan jalan tol akan menjadi prioritas nasional. Dan sekarang sudah menjadi perhatian kendati belum di dok,” tukasnya.

Supriyono sempat pula mengungkapkan pembangunan bandara di Kediri sampai saat ini belum masuk dalam RTRW Provinsi Jatim. Karenanya, bisa saja kemudian pembangunan bandara tetap dilakukan di Tulungagung seperti rencana awal. “Tetapi kalau toh nantinya (bandara) dibangun di Kediri, maka diperlukan jalan tol,” tuturnya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Tulungagung, Ir Indra Fauzi MM mengatakan dalam musrenbang kali ini Pemkab Tulungagung akan mengusulkan pembangunan jalan tol Tulungagung –Kertosono.       Ia optimis Pemerintah Pusat akan merealisasikan pembangunan tol tersebut seperti halnya pembangunan Jalur Lintas Selatan (JLS). “Sama dengan JLS, kami berkali-kali melakukan usulan. Akhirnya Pemerintah Pusat bosan juga dan kemudian disetujui,” paparnya.

Sedang Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda Provinsi Jatim, Dr Drajat Irawan yang juga hadir dalam Musrenbang Kabupaten Tulungagung 2018 menyatakan usulan jalan tol sirip Tulungagung – Kertosono sebagai usulan yang luar biasa. “Kita berdoa siapa tahu bisa tersambung,” ujarnya.

 

TINGGALKAN PESAN