Komisi A Studi Banding Damkar Dan Pemdes Di NTB

0
153
Mashud (berkopiah) saat menyampaikan beberapa pertanyaan saat berkunjung ke Kantor Dinas Damkar Kota Mataram, Rabu (7/3).

DPRD TULUNGAGUNG – Komisi A DPRD Tulungagung melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Barat di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Kunker dalam rangka studi banding tentang pemadam kebakaran (damkar) dan pemerintahan desa (pemdes).

Kunker diikuti pimpinan dan anggota Komisi A DPRD Tulungagung. Termasuk Wakil Ketua DPRD Tulungagung Koordinator Komisi A, Imam Kambali SE MSi.

Ketua Komisi A DPRD Tulungagung, Drs H Mashud, mengungkapkan saat berkunjung ke Dinas Damkar Kota Mataram, Komis A DPRD Tulungagung mendapat penjelasan yang detail dari Kepala Dinas Damkar Kota Mataram, Ki Agus M Idrus SIP, terkait aktivitas damkar setempat. “Di Dinas Damkar Kota Mataram sarana dan prasarananya senantiasa full siaga 24 jam. Mereka pun punya personel sebanyak 30 orang yang selalu siaga,” ujarnya.

Dinas Damkar Kota Mataram, lanjut politisi asal PKB ini mempunyai 10 unit mobil damkar. Dimana tujuh unit di antaranya aktif dan tiga unit sebagai cadangan (tidak aktif).

Rombongan Komisi A DPRD Tulungagung ketika diterima Sekda Lombok Barat, H Moh Taufiq, Selasa (6/3).
Rombongan Komisi A DPRD Tulungagung ketika diterima Sekda Lombok Barat, H Moh Taufiq, Selasa (6/3).

Sementara itu, ketika berkunjung ke Kantor Bupati Lombok Barat, rombongan Komisi A DPRD Tulungagung diterima oleh Sekda Lombok Barat, H Moh Taufiq.

Menurut Mashud, dari kunjungan di Lombok Barat nantinya di Tulungagung diperlukan adanya Peraturan Desa (Perdes) terkait SOTK (Susunan Organisasi dan Tata Kerja) Pemdes. “Sehingga nanti semua ada aturan dalam Perdes. Termasuk soal roling perangkat desa yang punya hak adalah kepala desa (kades),” tuturnya.

Kunjungan Komisi A DPRD Tulungagung ke Dinas Damkar Kota Mataram berlangsung pada Rabu (7/3). Sedang kunjungan ke Kantor Bupati Lombok Barat berlangsung sehari sebelumnya yakni pada Selasa (6/3).

TINGGALKAN PESAN