Tindaklanjuti Usulan Pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati

0
35
Budi Fatahillah Mansyur.

DPRD TULUNGAGUNG – Sekretariat DPRD Tulungagung saat ini tengah memproses tindaklanjut dari pengumuman usulan pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung masa jabatan 2013 – 2018 yang disampaikan dalam Sidang Paripurna Istimewa DPRD Tulungagung pada Jumat (26/1) lalu.

“Saat ini kami sedang memprosesnya. Ada empat persyaratan yang harus dipenuhi sebelum menyampaikan usulan pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati pada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui Gubernur Jawa Timur,” ujar Sekretaris DPRD (Sekwan) Tulungagung, Drs Budi Fatahillah Mansyur MSi, di Kantor DPRD Tulungagung, Selasa (30/1).

Menurut dia empat syarat itu masing-masing adalah surat Ketua DPRD Tulungagung mengenai usulan pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung , Keputusan DPRD Tulungagung tentang Pengumuman Usulan Pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung Masa Jabatan Tahun 2013 – 2018, Berita Acara tentang Pengumuman Usulan Pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung Masa Jabatan Tahun 2013 – 2018, dan Risalah Rapat Paripurna DPRD Tulungagung dalam rangka Usulan Pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung Masa Jabatan Tahun 2013 -2018.

“Syarat-syarat itu semua harus diberikan pada Mendagri melalui Gubernur Jawa Timur dalam penyampaian usulan pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung masa jabatan tahun 2013-2018,” paparnya.

Empat syarat dalam penyampaian usulan pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati itu, lanjut Budi Fatahillah, sesuai dengan Surat Edaran (SE) Gubernur Jawa Timur No. 131/21723/011.2/2017 tertanggal 15 November 2017 tentang Pengusulan Pemberhentian Bupati/Wakil Bupati dan Wali Kota/Wakil Wali Kota Yang Habis Masa Jabatannya.

“Dalam SE Gubernur Jawa Timur itu juga disebutkan penyampaian usulan pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati yang habis masa jabatannya ke Mendagri melalui Gubernur Jawa Timur sebagai Wakil Pemerintah Pusat dilakukan dua bulan sebelum berakhir masa jabatannya,” paparnya lagi.

Seperti diketahui duet kepemimpinan Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo SE MSi dan Wakil Bupati Tulungagung, Drs Maryoto Birowo MM, akan berakhir masa jabatannya pada tanggal 20 April 2018 mendatang.

TINGGALKAN PESAN