Satpol PP Harus Terus Awasi Minimarket Berjaringan

0
26
H Fendy Yuniar M.

DPRD TULUNGAGUNG – Kalangan DPRD Tulungagung kembali menyoroti kinerja aparat Satpol PP Kabupaten Tulungagung yang belum maksimal dalam pengawasan keberadaan minimarket berjaringan. Utamanya, terkait jam buka tutup toko swalayan tersebut.

Sekretaris Komisi C DPRD Tulungagung, H Fendy Yuniar M SE, Rabu (3/1), di Kantor DPRD Tulungagung, menandaskan Satpol PP Kabupaten Tulungagung harus selalu mengawasi  minimarket berjaringan di seluruh pelosok Tulungagung. Tidak hanya di daerah perkotaan saja.

“Laporan yang masuk DPRD Tulungagung, saat liburan panjang kemarin ada minimarket yang buka sebelum waktunya, yakni sekitar pukul 07.00 WIB. Minimarket berjaringan ini berada di kecamatan-kecamatan yang relatif jauh dari Kota Tulungagung ,” katanya.

Sesuai Perda tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Rakyat, Pusat Perbelanjaan dan Toko Swalayan, menurut Fendy Yuniar, jam buka minimarket berjaringan pukul 09.00 WIB. “Jadi kalau buka lebih awal dari jam 09.00 WIB itu sudah melanggar Perda. Dan ini bisa diambil tindakan oleh Satpol PP,” tandasnya.

Anggota Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD Tulungagung ini meminta aparat Satpol PP Kabupaten Tulungagung untuk  lebih sering lagi melakukan pengawasan di kecamatan-kecamatan. Jangan hanya di Kota Tulungagung dan kecamatan sekitarnya.

“Di wilayah Rejotangan juga ada minimarket berjaringan. Begitu pula di Kecamatan Gondang juga ada. Satpol PP harus melakukan pengawasan ke wilayah-wilayah tersebut juga. Jika tidak diawasi pelanggaran akan selalu terjadi disana,” paparnya.

Selanjutnya, Fendy Yuniar menyatakan jangan sampai aparat Satpol PP Kabupaten Tulungagung hanya menunggu laporan masyarakat dalam melakukan tindakan terhadap minimarket berjaringan yang terbukti melakukan pelanggaran. “Kalau sering melakukan pengawasan tentu mereka akan menemukan sendiri pelanggaran tanpa harus menunggu laporan masyarakat,” tuturnya.

TINGGALKAN PESAN