Minta Optimalkan Penggunaan Dana Desa

0
22
Supriyono (dua dari kanan) saat menyaksikan pelantikan lima kades baru di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, Rabu (27/12).

DPRD TULUNGAGUNG – Ketua DPRD Tulungagung, Supriyono SE MSi, meminta pada lima kepala desa (kades) yang dilantik Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo SE MSi, Rabu (27/12), untuk lebih mengoptimalkan penggunaan dana desa dan alokasi dana desa.

“Dengan pengoptimalan dana desa dan alokasi dana desa akan mempercepat pembangunan di desanya masing-masing. Ini sesuai dengan implementasi sila ke lima Pancasila yang menjadi harapan Pemerintah Pusat,” ujarnya seusai menghadiri acara Pelantikan Kepala Desa Serentak dan Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu (PAW) Kabupaten Tulungagung Tahun 2017 di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, Rabu (27/12).

Menurut dia, dana yang telah mengucur sebegitu besar ke desa sudah seharusnya dapat dimanfaatkan untuk percepatan pembangunan di desa. Utamanya, untuk kemaslahatan masyarakat desa.

Ia pun berharap para kades yang baru dilantik untuk pula melanjutkan prestasi-prestasi yang telah dicapai atau diraih oleh kades pendahulunya. “Dan kalau bisa juga ditingkatkan,” tuturnya.

Soal dimungkinkan ada keraguan dalam penganggaran dana desa, semisal menyusun APBDes, Supriyono yang politisi asal PDI Perjuangan ini meminta kades untuk tidak segan-segan konsultasi ke kecamatan atau instansi yang lebih tinggi. Hal ini agar jangan sampai menimbulkan kesulitan dikemudian hari.

Adapun kelima kades yang dilantik oleh Bupati Syahri Mulyo sebagai kades baru, masing-masing adalah Kades Kauman Kecamatan Kauman, Brida Mardi Utomo, Kades Tunggangri Kecamatan Kalidawir, Sri Ailatin, Kades Gedangan Kecamatan Karangrejo, Somoro, Kades Pagerwojo Kecamatan Pagerwojo, Adi Setyono dan Kades Pojok Kecamatan Ngantru, Kasiyanto. Khusus untuk Kasiyanto dilantik sebagai kades merupakan hasil PAW (pergantian antarwaktu), sedang empat kades lainnya hasil pilihan langsung secara serentak.

TINGGALKAN PESAN