Bahas Raperda Perubahan Pengendalian Ternak Sapi dan Kerbau Betina

0
107
Suasana rapat pembahasan raperda perubahan pengendalian ternak sapi dan kerbau betina yang berlangsung di Ruang Bapemperda Kantor DPRD Tulungagung, Rabu (27/12).

DPRD TULUNGAGUNG – Panitia Khusus (Pansus) II DPRD Tulungagung melakukan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 28 Tahun 2012 tentang Pengendalian Ternak Sapi dan Kerbau Betina Produktif. Pembahasan bersama Tim Asistensi Pembahas Raperda Pemkab Tulungagung ini berlangsung di Ruang Badan Pembuat Perda (Bapemperda) Kantor DPRD Tulungagung, Rabu (27/12).

Hadir dalam rapat pembahasan yang  dipimpin langsung oleh Ketua Pansus II DPRD Tulungagung, Faruuq Tri Fauzi MPdI, ini sejumlah anggota Pansus II DPRD Tulungagung. Di antaranya, Adriyanto SPd dan Sumarno.

Sementara, dari Tim Asistensi Pembahas Raperda Pemkab Tulungagung yang hadir di antaranya, Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Tulungagung, drh Tatik Andayani dan Kabag Hukum Setda Kabupaten Tulungagung, Saiful Bakri SH MH. Mereka dipimpin oleh Asisten II Sekda Tulungagung, Drs H Mohammad Mafachir MM.

Menurut Faruuq dari hasil pembahasan dengan Tim Asistensi Pembahas Raperda Pemkab Tulungagung didapat beberapa pasal dalam Perda Nomor 28 Tahun 2012 yang ditambah, dikurangi ataupun dihilangkan. “Ini semua dilakukan agar tidak menjadi beban masyarakat. Tetapi sebaliknya untuk memberi kemanfaatan bagi mereka (masyarakat),” ujarnya.

Dipaparkan politisi asal PKS ini, dalam Raperda Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 28 Tahun 2012 sempat dimunculkan pasal tambahan yang terkait dengan sertifikasi ternak. Namun pasal tersebut kemudian disepakati untuk tidak dicantumkan.

“Setelah dipertimbangkan bersama tim dari eksekutif, penambahan pasal tentang sertifikasi ternak belum diperlukan. Istilahnya, jika kita memasukkan pasal tersebut terlalu kemajuan. Masih belum waktunya diterapkan di Tulungagung,” paparnya.

Rencananya, rapat pembahasan Raperda Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 2008 Tahun 2012 akan kembali dilanjutkan dalam waktu dekat. Faruuq Tri Fauzi menyebut rapat lanjutan itu nantinya merupakan rapat finalisasi.

TINGGALKAN PESAN