Pansus III Mulai Bahas Raperda Perubahan Perda PDAU

0
29
Heru Santoso memimpin rapat pembahasan Raperda tentang tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Tulungagung Nomor 9 Tahun 2009 tentang PDAU, Selasa (21/11).

DPRD TULUNGAGUNG – Panitia Khusus (Pansus) III DPRD Tulungagung memulai pembahasan Raperda tentang tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Tulungagung Nomor  9 Tahun 2009 tentang Perusahaan Daerah Aneka Usaha (PDAU). Pembahasan berlangsung di ruang rapat Komisi C Kantor DPRD Tulungagung, Selasa (21/11).

Hampir semua anggota Pansus III DPRD Tulungagung hadir dalam rapat pembahasan yang dilakukan untuk pertama kalinya itu. Termasuk Ketua Pansus III DPRD Tulungagung, H Heru Santoso SPd MPd yang sekaligus memimpin jalannya rapat pembahasan.

Sementara dari Tim Pembahas Raperda Pemkab tulungagung yang hadir di antaranya Direktur PDAU Tulungagung, Sudigdo Prasetyo ST MT, Kepala Bagian Hukum Setda Pemkab Tulungagung, Saiful Bakri SH MH, Kepala Bagian Ekonomi Pemkab Tulungagung dan Drs Bambang Ermawan. Mereka dipimpin Asisten III Sekab Tulungagung, Indah Karunia Ratri SH MH.

Menurut Heru Santoso, perubahan Perda No.9 Tahun 2009 dimaksudkan untuk menguatkan kelembagaan PDAU. “Karena itu, perlu ada penambahan pasal-pasal baru di dalam Perda No. 9 Tahun 2009,” ujarnya.

Sebelumnya, politisi asal PDI Perjuangan ini menyatakan dalam upaya penguatan kelembagaan PDAU, perusahaan daerah tersebut akan dikembangkan jenis usahanya. Tidak lagi hanya berusaha dalam bidang percetakan dan gas elpiji.

“Nanti bisa saja dikembangkan jenis usaha baru, seperti di bidang pertanian, pariwisata, perdagangan dan konstruksi,” paparnya.

Selain itu, dalam upaya penguatan kelembagaan PDA, Pansus III DPRD Tulungagung bakal merubah pola struktur organisasi PDAU. Dimana nantinya bakal ada jabatan direktur utama dan direktur-direktur. Termasuk, dalam rekrutmen calon direktur utama dilakukan dengan seleksi uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test). “Terkait realisasinya kami menunggu hasil pembahasan bersama eksekutif (Tim Pembahas Raperda Pemkab Tulungagung),” tuturnya.

TINGGALKAN PESAN