Meriahkan Bersih Nagari HUT ke-812 Kabupaten Tulungagung

0
189
Supriyono menumpang kereta kuda bersama Dandim 0807 Tulungagung, Letkol Czi Agung Isa Rahman SH, saat kirab Bersih Nagari HUT ke-812 Kabupaten Tulungagung, Sabtu (18/11).

DPRD TULUNGAGUNG – Pimpinan dan anggota DPRD Tulungagung serta seluruh ASN Sekretariat DPRD (Setwan) Tulungagung ikut memeriahkan acara Bersih Nagari HUT ke-812 Kabupaten Tulungagung, Sabtu (18/11). Bahkan Ketua DPRD Tulungagung, Supriyono SE MSi, ikut dalam kirab bersama rombongan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Tulungagung dari Kantor Pemkab Tulungagung menuju Pendopo Kongas Arum Kusunaning Bongso.

Dalam prosesi acara Bersih Nagari di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, Supriyono juga menerima panji lambang daerah dari peserta kirab  dan kemudian menyerahkannya pada Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo SE MSi.

Pimpinan dan anggota DPRD Tulungagung serta seluruh ASN Setwan Tulungagung yang mengikuti prosesi acara Bersih Nagari semuanya mengenakan pakaian tradisional Jawa. Yang pria mengenakan beskap serta bawahan berupa jarik (kain batik) dan berblangkon (penutup kepala) serta menggunakan alas kaki berupa selop. Sementara, yang perempuan mengenakan kebaya dengan bawahan kain jarik.

Anggota DPRD Tulungagung mengenakan pakaian tradisional Jawa dalam prosesi acara Bersih Nagari HUT ke-812 Kabupaten Tulungagung, Sabtu (18/11).
Anggota DPRD Tulungagung mengenakan pakaian tradisional Jawa dalam prosesi acara Bersih Nagari HUT ke-812 Kabupaten Tulungagung, Sabtu (18/11).

Selain mengikuti prosesi acara Bersih Nagari yang dipusatkan di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, di Kantor DPRD Tulungagung juga dijadikan tempat bagi masyarakat untuk menikmati  sejumlah tumpeng HUT ke-812 Kabupaten Tulungagung. Tumpeng-tumpeng tersebut disediakan di tempat parkir Kantor DPRD Tulungagung sehingga masyarakat leluasa menikmatinya.

Ketua Fraksi Gerindra DPRD Tulungagung, Ahmad Baharudin, disela acara Bersih Nagari HUT ke-812 Kabupaten Tulungagung menyatakan perayaan hari ulang tahun Tulungagung tahun ini lebih meriah dari tahun lalu. Selain pesertanya lebih banyak, menurut dia, prosesi acara lebih semarak dengan ditampilkannya kereta kuda yang ditumpangi Forkopimda.

“Selain itu becak yang mengangkut pejabat peserta upacara dan kirab dari Pemkab Tulungagung menuju Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso juga bertambah banyak dari tahun lalu. Jadi tambah meriah,” paparnya.

Sedang anggota DPRD Tulungagung asal Partai Demokrat, Sofyan Heryanto SE, mengapresiasi penyediaan tumpeng bagi masyarakat di luar Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso. “Ini membuat masyarakat bisa ikut menikmati tumpeng hari jadi. Ke depan penyediaan tumpeng bagi masyarakat ini diharapkan bisa lebih diperbanyak lagi, karena warga yang menyaksikan prosesi Bersih Nagari juga semakin banyak,” tuturnya.

Acara Bersih Nagari HUT ke-812 Kabupaten Tulungagung setiap tahun memang selalu menyedot sebagian warga Tulungagung untuk datang ke Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso. Apalagi mereka kemudian dapat berebut sesaji Buceng Lanang dan Buceng Wedok yang berupa hasil bumi dari Tulungagung dan bila mendapatkannya dipercaya bakal mendapat berkah.

TINGGALKAN PESAN