Harapkan Pilkades di Empat Desa Berlangsung Sukses

0
140
H Mashud.

DPRD TULUNGAGUNG – Komisi A DPRD Tulungagung berharap pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) di empat desa yang bakal berlangsung secara serentak pada Rabu (22/11) mendatang berlangsung sukses, aman dan damai. “Kami berharap pelaksanaan pilkades di empat desa dapat berlangsung sukses, aman dan damai. Jangan sampai terjadi kericuhan yang memicu pada tindakan anarkisme,” ujar Ketua Komisi A DPRD Tulungagung, Drs H Mashud di Kantor DPRD Tulungagung, Kamis (16/11).

Ia mengingatkan pelaksanaan pilkades yang tidak aman akan mempengaruhi suhu politik di Tulungagung jelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2018. “Kalau suasananya tidak kondusif di pilkades tentu akan berpengaruh pada pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim serta Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung tahun 2018,” tandasnya.

Jika ada hal-hal yang diperkirakan dapat memicu suasana tidak kondusif, politisi asal PKB ini meminta masyarakat untuk melapor pada aparat keamanan. Bisa ke Babinkantibmas atau Babinsa di desanya masing-masing.

Sejauh ini, menurut Mashud, persiapan pelaksanaan pilkades serentak di empat desa di Tulungagung itu sudah matang. Pemkab Tulungagung, utamanya Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Tulungagung sudah berkoordinasi dengan Komisi A DPRD Tulungagung.

“Untuk pencetakan surat suara pun sudah selesai dilakukan. Begitu pun dengan kotak suara. Untuk kotak suara meminjam kotak suara milik KPU Tulungagung,” tuturnya.

Selanjutnya, Mashud mengingatkan pula sesuai peraturan perundangan dan Perda Kabupaten Tulungagung, dalam pelaksanaan pilkades, panitia pilkades tidak diperbolehkan memungut biaya atau tarikan pada calon kades. “Hal itu jangan pernah sampai terjadi,” tegasnya.

Ada pun empat desa yang akan melakukan pilkades secara serentak pada Rabu (22/11) pekan depan, masing-masing adalah Desa Tunggangri Kecamatan Kalidawir, Desa Kauman Kecamatan Kauman, Desa Pagerwojo Kecamatan Pagerwojo dan Desa Gedangan Kecamatan Karangrejo.

TINGGALKAN PESAN