Bapemperda dan Pemkab Sepakati Bahas Tujuh Raperda

0
17
Heru Santoso memberi kesempatan pada peserta rapat Bappemperda, Jumat (10/11), untuk memberi masukan terhadap enam raperda yang akan segera dibahas dalam masa sidang I tahun sidang IV.

DPRD TULUNGAGUNG – Badan Pembuat Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Tulungagung dan Pemkab Tulungagung sepakat untuk membahas tujuh raperda dalam masa sidang I tahun sidang IV. Kesepakatan ini dicapai setelah Bapemperda DPRD Tulungagung melakukan rapat bersama dengan Tim Pemkab Tulungagung, Jumat (10/11), di Ruang Bapemperda Kantor DPRD Tulungagung.

Dari tujuh raperda tersebut satu raperda, yakni Raperda tentang APBD Tahun Anggaran 2018 sudah disepakati sebelumnya dan saat ini tengah dibahas oleh komisi-komisi di DPRD Tulungagung.

Sedang enam raperda lainnya yang akan segera dibahas masing-masing adalah Raperda tentang Perubahan Atas Perda Kabupaten Tulungagung Nomor 4 Tahun 2017 tentang Perangkat Desa, Raperda tentang Perubahan Atas Perda Kabupaten Tulungagung Nomor 28 tahun 2012 tentang Pengendalian Ternak Sapi dan Kerbau Betina Produktif, Raperda tentang Perubahan Atas Perda Kabupaten Tulungagung Nomor 9 Tahun 2009 tentang Perusahaan Aneka Usaha Tulungagung dan Raperda tentang Retribusi Pelayanan Air Limbah Domestik, Raperda tentang Nama Jalan dan Raperda tentang Pelayanan Publik.

Ketua Bapemperda DPRD Tulungagung, H Heru Santoso SPd MPd, menyatakan enam raperda yang akan segera dibahas itu molor dari waktu yang direncanakan karena banyaknya kegiatan di DPRD Tulungagung. “Seharusnya dimulai September 2017 tetapi baru dilaksanakan November 2017. Hanya Raperda tentang APBD Tahun Anggaran 2018 yang saat ini tengah dibahas ,” ujarnya.

Sementara itu, terkait penyusunan program pembentukan Perda tahun 2018, menurut Heru Santoso, komisi-komisi di DPRD Tulungagung belum memasukkan ke Bappemperda DPRD Tulungagung. “Tetapi nanti sebelum diumumkan pada rapat paripurna tanggal 30 November 2017 sudah dipastikan semua raperda inisiatif DPRD untuk tahun 2018 sudah masuk semua,” katanya.

Hadir dalam rapat Bapemperda DPRD Tulungagung dengan Tim Pemkab Tulungagung yang dipimpin Heru Santoso itu hampir semua pimpinan dan anggota Bapemperda DPRD Tulungagung. Sementara dari Tim Pemkab Tulungagung yang hadir, di antaranya adalah Asisten II Sekda, Drs Mohammad Mafachir MSi, Staf Ahli Bupati Tulungagung, Ir Endang Sri Utami MT, Staf Ahli Bupati Tulungagung, dr Gatot Dwi Priyo Poerwanto MKK, Staf Ahli Bupati Tulungagung, Ir Agus Imam Massa Widigda DIAT dan Kabag Hukum Setda Kabupaten Tulungagung, Saiful Bakri SH MH.

TINGGALKAN PESAN