Rapat Intern Persiapan Pelaksanaan Reses

0
39
Imam Kambali didampingi Budi Fatahillah Mansyur saat memimpin rapat intern di Ruang Garaha Wicaksana, Kamis (26/10).

DPRD TULUNGAGUNG – DPRD Tulungagung, Kamis (26/10), menyelenggarakan rapat intern persiapan pelaksanaan reses. Rapat berlangsung di Ruang Graha Wicaksana Kantor DPRD Tulungagung.

Hampir seluruh anggota DPRD Tulungagung hadir dalam rapat yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Tulungagung, Imam Kambali SE MSi tersebut. Termasuk Sekretaris DPRD (Sekwan) Tulungagung, Drs Budi Fatahillah Mansyur MSi yang ikut mendampingi pimpinan rapat.

Imam Kambali menyebut masa reses DPRD Tulungagung akan dimulai pada pekan depan. “Reses dimulai tanggal 30 Oktober 2017 sampai dengan tanggal 5 November 2017,” ujarnya.

Ia menyebut pelaksanaan reses tidak boleh diwakilkan. Anggota dewan harus melakukan sendiri dalam melaksanakan kegiatan reses tersebut.

Sebelumnya, Budi Fatahillah Mansur memaparkan rapat intern diselenggarkan karena terbitnya PP No. 18/2017. PP tersebut merupakan aturan baru dalam pelaksanaan reses anggota DPRD.

“Dalam PP yang baru sekarang ada yang namanya tunjangn reses. Sebelumnya tidak ada. Hal ini yang kami sampaikan pada anggota dewan untuk dipahami bersama,” katanya.

Selanjutnya, Budi Fatahillah yang mantan Camat Tulungagung ini membeberkan setiap anggota dewan dalam masa reses sesuai PP No. 18/2017 bakal mendapat tunjangan reses sebesar lima kali tunjangan representatif. Pengalian lima kali disebabkan Kabupaten Tulungagung termasuk daerah berkekuatan keuangan (APBD) sedang. “Tunjangan reses ini nantinya juga dikurangi pajak sebesar 15 persen,” terangnya.

Budi Fatahillah mengungkapkan pula jika tunjangan reses diberikan secara lumpsum dan akan langsung diberikan pada anggota dewan. Pengelolaan dan pertanggungjawabannya dilakukan sendiri oleh anggota dewan.

“Dana yang dikelola oleh Sekretariat DPRD hanya dana kegiatan reses yang merupakan belanja langsung. Tetapi untuk tunjangan reses dikelola sendiri oleh anggota dewan karena dananya sudah diberikan ke masing-masing anggota dewan,” paparnya.

Budi Fatahillah berharap bagi anggota dewan yang mengambil tunjangan reses untuk juga melaksanakan kegiatan reses. Karena tunjangan reses merupakan bagian dari kegiatan reses.

TINGGALKAN PESAN