Empat Raperda Baru Sudah Diharmonisasi

0
141
H. Heru Santoso.

DPRD TULUNGAGUNG – Badan Pembuat Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Tulungagung sudah melakukan harmonisasi terhadap empat Rancangan Perda (Raperda) baru yang bakal dibahas dalam masa sidang periode September sampai Desember 2017. Harmonisasi berlangsung tanggal 18-21 September 2017 lalu.

Ketua Bapemperda DPRD Tulungagung, H Heru Santoso SPd MPd, Senin (9/10), mengungkapkan harmonisasi empat raperda baru dilakukan bersama pakar dari Fakultas Hukum (FH) Universitas Brawijaya (UB) Malang.”Sekarang tinggal menunggu Rapat Paripurna intern agar empat raperda tersebut dapat menjadi raperda inisitiaf dewan,” ujarnya di Kantor DPRD Tulungagung.

Politisi asal PDI Perjuangan ini menyatakan saat ini keempat raperda tersebut baru inisiatif dari komisi-komisi di DPRD Tulungagung. “Baru setelah diparipurnakan dan disetujui untuk dijadikan inisiatif dewan maka resmi menjadi raperda inisiatif DPRD Tulungagung,” terangnya.

Adapun empat raperda itu masing-masing adalah, Raperda tentang Perubahan Atas Perda Kabupaten Tulungagung Nomor 4 Tahun 2017 tentang Perangkat Desa, Raperda tentang Perubahan Atas Perda Kabupaten Tulungagung Nomor 28 tahun 2012 tentang Pengendalian Ternak Sapi dan Kerbau Betina Produktif, Raperda tentang Perubahan Atas Perda Kabupaten Tulungagung Nomor 9 Tahun 2009 tentang Perusahaan Aneka Usaha Tulungagung dan Raperda tentang Retribusi Pelayanan Air Limbah Domestik.

Heru Santoso mengakui pembahasan empat raperda baru molor dari jadwal yang ditentukan. Hal ini terjadi karena padatnya kegiatan di DPRD Tulungagung. “Karena itu, saat ini kami lagi menunggu rapat Bamus (Badan Musyawarah) yang menentukan jadwal rapat paripurna internal untuk persetujuan empat raperda itu menjadi raperda inisiatif dewan,” tuturnya.

TINGGALKAN PESAN