Perubahan Pembentukan Perda Masa Sidang I Tahun Sidang IV

0
169
H. Heru Santoso, SPd MPd.

DPRD TULUNGAGUNG – Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Tulungagung telah bersepakat dengan Tim Asistensi Perubahan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Tulungagung telah bersepakat melakukan perubahan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Perda) Tahun 2017 untuk Masa Sidang I Tahun Sidang IV (periode September – Desember 2017).

Ketua Bapemperda DPRD Tulungagung, H Heru Santoso SPd MPd, Selasa (12/9), mengungkapkan perubahan program pembentukan perda bisa dilakukan karena dipandang perlu dan mendesak. “Ini sesuai dengan UU No. 12 Tahun 2011,” ujarnya.

Perubahan program pembuatan perda, lanjut politisi asal PDI Perjuangan ini juga bisa disebabkan adanya peraturan di atasnya yang berubah. Selain juga ada perintah Undang-Undang (UU) atau Peraturan Pemerintah (PP).

“Dalam perubahan Program Pembentukan Perda Tahun 2017 untuk Masa Sidang I Tahun Sidang IV  ada empat Raperda yang merupakan inisiatif DPRD Tulungagung,” beber Heru Santoso.

Adapun Program Pembentukan Perda Tahun 2017 untuk Masa Sidang I Tahun Sidang IV yang mengalami perubahan, semula ada enam Raperda yang bakal dibahas, yakni :

  1. Raperda tentang Pengelolaan Perpustakaan Desa
  2. Raperda tentang Pengelolaan Perikanan
  3. Reperda tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Daerah Nomor 16 Tahun 2010 tentang Pajak Daerah
  4. Raperda tentang Nama Jalan
  5. Raperda tentang APBD Tahun Anggaran 2018
  6. Raperda tentang Pelayanan Pubik

Diubah menjadi tujuh Raperda yang akan segera dibahas bersama antara DPRD Tulungagung dan Pemkab Tulungagung. Ketujuh Raperda tersebut masing-masing adalah

  1. Raperda tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2017 tentang Perangkat Desa
  2. Raperda tentang Perubahan Atas Perturan Daerah Nomor 28 Tahun 2012 tentang Pengendalian Ternak Sapi dan Kerbau Betina Produktif
  3. Raperda tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2009 tentang Perusahaan Daerah Aneka Usaha (PDAU)
  4. Raperda tentang Nama Jalan
  5. Raperda tentang APBD Tahun Anggaran 2018
  6. Raperda tentang Pelayanan Publik
  7. Raperda tentang Retribusi Pelayanan Air Limbah Domestik.

Perubahan Program Pembentukan Perda Tahun 2017 untuk Masa Sidang I Tahun Sidang IV ini sudah pula diumumkan. Pengumuman dilakukan oleh Ketua DPRD Tulungagung, Supriyono SE MSi dalam sidang paripurna DPRD Tulungagung, Jumat (8/9) lalu.

TINGGALKAN PESAN